Jaringan Lelet, Uji Coba Assesmen Kompetensi Nasional di Sekolah, Terhambat

Ismardi-Ilyas4.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sejumlah sekolah di Kota Pekanbaru masih mengalami kendala dalam uji coba Assesmen Kompetensi Nasional (AKN) pada pekan kemarin. Satu kendala yakni jaringan internet yang kurang bagus. 

 

"Karena ujiannya online langsung, maka jaringan internet sangat dibutuhkan," terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas.

 

Ia menyebut, dinas segera melaporkan hasil uji coba AKN. "Tentu kita bakal laporkan hasil uji coba pekan kemarin. Kita bakal jadikan evaluasi untuk penyelenggaraannya," ujarnya. 

 

 

Mayoritas sekolah sudah menggelar uji coba AKN. Total 45 SMP negeri di Kota Pekanbaru menggelar uji coba AKN pekan kemarin. 

 

Ada di antara sekolah menggelar uji coba AKN secara mandiri. Ada juga yang terpaksa menumpang ke sekolah lain karena kondisi komputer dan jaringan internet tidak memadai. 


 

Lanjutnya, AKN bakal berlangsung pada awal Oktober mendatang. Ia menyebut bahwa AKN ini untuk pemetaan pendidikan yang dilakukan oleh Kemendikbud RI. 

 

 

 

 

Ismardi mengatakan bahwa yang ikut tidak seluruh peserta didik. Mereka yang ikut AKN di SD hanya kelas 5 saja dan tingkat SMP hanya kelas 8 saja. 

 

"Jadi mereka melakukan pemetaan mutu, jadi memang ada sampling. Jadi tidak total seluruhnya," pungkasnya.