Cara Memulai Bisnis Kuliner untuk Pemula yang Dijamin Manjur

cara-memulai-bisnis-kuliner.jpg
(istimewa)

Laporan Linda Mandasari

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum berbisnis, diperlukan adanya perhitungan dan perencanaan yang matang.

Salah satu bisnis yang banyak orang pilih adalah bisnis dibidang kuliner, karena makanan merupakan kebutuhan primer manusia, dimana setiap harinya semua orang selalu mencari pilihan makanan untuk disantap.

Namun bisnis kuliner dinilai rentan mengalami kegagalan, cukup banyak bisnis kuliner berhenti di tahun pertamanya, dan sebagian tidak bertahan lama sampai dengan tahun ke lima.

Hal itu dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor penting yang diabaikan salah satunya sistem manajemen bisnis yang buruk.

Maka dari itu sebelum anda memulai bisnis Riau Online akan memberikan informasi mengenai bisnis kuliner, cara memulai bisnis kuliner, simak ulasannya berikut ini.

1. Memiliki ide kreatif dan berani memulai

Contoh Bisnis Plan Makanan Ringan Sederhana 2020 Terbaru

Cara memulai bisnis kuliner 

Sebuah ide merupakan rancangan yang tersusun dalam pikiran seseorang untuk melakukan suatu kegiatan. Sebelum anda memulai untuk berbisnis maka rancanglah sebuah ide yang dikemas secara kreatif, terutama bisnis di bidang kuliner.

Beragam kreatifitas dalam mengolah makanan dapat anda coba. Sebagai contoh jika anda berniat untuk menjual mie ayam, buatlah sesuatu yang unik sepeti mie ayam yang diolah dari sari pati buah.

Hal yang unik dan juga baru ini boleh anda tuangkan dalam kegiatan bisnis kuliner dalam segi bentuk, cita rasa makanan dan kemasan. Jangan pernah anda ragu untuk memulai. Anda tidak akan pernah mengetahui apa hasilnya jika tidak memulai.

 

 

2. Komitmen dengan bisnis yang ditetapkan

Ketika ide kreatif telah terancang kemudian anda sudah memiliki keberanian untuk memulai, sikap yang perlu anda miliki yaitu komitmen dengan bisnis yang telah ditetapkan.

Komitmen merupakan bentuk kewajiban yang mengikat, komitmen itu ada dan akan lebih mudah ketika anda mencintai apa yang anda lakukan.


Maka dari itu cintai bisnis yang telah anda mulai, walaupun dalam perjalanan bisnis anda banyak cobaan yang menimpa seperti persaingan, bahan baku mahal, kurangnya peminat dan sebagainya. Anda sebagai pebisnis sejati harus tetap bertahan dalam situasi apapun.


3. Menetapkan lokasi bisnis yang strategis


Strategi Memilih Lokasi Usaha | STIE BHAKTI PEMBANGUNAN

Cara memulai bisnis kuliner

 

Pembahasan mengenai bisnis kuliner, cara memulai bisnis kuliner selanjutnya adalah lokasi. Lokasi berperan penting dalam bisnis kuliner, lokasi merupakan tolak ukur utama dalam mengembangkan bisnis kuliner. Dengan mencari lokasi yang ramai, mudah ditemukan orang. Lokasi yang letaknya dengan jalan raya. Kemudian sesuaikan ukuran tempat, tentukan seberapa luas tempat yang anda butuhkan. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah area parkir, lokasi bisnis yang dilengkapi dengan fasilitas umum, lingkungan sekitar lokasi aman dan juga komunikasi atau hubungan baik dengan pemilik lokasi atau warga dekat area lokasi bisnis.

4. Buatlah strategi pemasaran yang tepat

Jenis Strategi Marketing yang Efektif Untuk Saat ini - Accurate Online

Cara memulai bisnis kuliner

Teknik pemasaran yang efektif dapat menjadi faktor utama dalam keberhasilan sebuah produk. Cobalah berbagai macam metode penjualan baik secara offline maupun online.

Anda dapat memanfaatkan berbagai macam platform sebagai media tempat promosi seperti Instagram, Twitter, Facebook, WhatsApp dan sebagainya untuk mempromosikan produk yang anda jual.

Membuat strategi pemasaran yang tepat. Akan lebih terstruktur apabila anda membuat tim pengelola, target tujuan promosi sosmed dan merencanakan konten agar penjualan produk meningkat

 

 

 

 

5. Rekrut SDM terbaik


Peran Penting HR Manager Dalam Perencanaan SDM Perusahaan | Sleekr

Cara memulai binsis kuliner

Berbicara mengenai bisnis kuliner, banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satu pertimbangan yang cukup sulit adalah memilih pegawai terbaik. Segmen bisnis kuliner terkenal dengan kecenderungan pegawai keluar sangat tinggi.

Maka dari itu dibutuhkan usaha khusus untuk merekrut pegawai dengan cara menentukan posisi yang diperlukan, menjelaskan job description tiap posisi, bekerja sama dengan penyalur tenaga kerja, melakukan training pegawai baru dan rekrumen pegawai lebih awal karena proses ini memakan waktu cukup lama.

Sekian informasi mengenai bisnis kuliner, cara memulai bisnis kuliner, semoga informasi yang telah Riau Online rangkum bermanfaat bagi anda yang akan memulai bisnis kuliner.