PPKM Turun Level, Penyekatan Jalan di Pekanbaru Tetap Berlangsung

Penyekatan-jalan14.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kota Pekanbaru akhirnya turun dari level 4 ke level 3. Mengenai kepastian ini, Pemerintah kota berpedoman pada pengumunan dari Presiden RI dan instruksi dalam negeri. 

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyebut, Pemerintah kota juga sudah menyiapkan regulasi berupa surat edaran Wali Kota Pekanbaru terkait pedoman aktivitas masyarakat di level 3. 

 

Firdaus berujar, dalam PPKM level 3 ada kelonggaran di sektor ekonomi dan pendidikan. Ia menyebut, masih ada sejumlah pembatasan dan penyekatan sejumlah ruas jalan.

 


"Kemungkinan terdapat pergeseran titik. Kita minta bantu kepolisian, ada kelonggaran. Tapi tetap ada penyekatan di sejumlah ruas jalan protokol," jelasnya, Rabu 8 September 2021.

 


Firdaus mengungkapkan syukur karena PPKM di Kota Pekanbaru turun ke level 3. Ia menilai hal ini hasil kerjasama masyarakat bersama tim satgas dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

 

Dirinya menyebut, penurunan status ini tidak membuat Satgas Penanganan Covid-19 diam saja. Tim nantinya bakal lebih optimal agar status penyebaran Covid-19 di kota ini bisa turun ke level yang lebih rendah.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemerintah kota bersama satgas berupaya untuk turun ke level 2. Namun sejumlah sejumlah indikator harus dibenahi. Seperti meningkatkan penelusuran kontak erat pasien Covid-19.

 

Mereka juga berupaya menurunkan kasus penyebaran, angka terkonfirmasi hingga keterisian ruang isolasi di isoter dan rumah sakit.

 

Status Kota Pekanbaru berada di zona oranye Covid-19 seiring penurunan dari PPKM level 4 ke PPKM level 3. Namun masih ada empat dari 15 kecamatan yang masuk zona merah.