Firdaus Ultimatum Dinsos Harus Validasi Penerima Program Keluarga Harapan

uang50.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengingatkan agar Dinas Sosial Kota Pekanbaru bisa melakukan validasi data penerima manfaat bagi Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Mereka harus melakukan validasi data penerima.

 

"Bisa pastikan lagi, apa orangnya pindah atau kondisi ekonominya membaik," jelasnya, Senin 6 September 2021.

 

Ia mengatakan, proses validasi data ini sekaligus melakukan koreksi terhadap data yang ada. Apalagi ada sejumlah permasalahan karena terdapat data yang tidak sesuai.

 

"Kita juga harus mencari solusi atas permasalahan akibat data yang tidak sesuai," jelasnya.

 


Dirinya berterima kasih atas kunjungan dari Menteri Sosial beberapa waktu lalu. Pemerintah kota juga menyampaikan sejumlah permasalahan dalam penyaluran bantuan bagi PKH dan BPNT.

 

Ada warga yang terdaftar tapi tidak menerima bantuan lantaran kartunya tidak sampai. Tak hanya itu, ada juga yang menerima kartru tapi tidak dapat menggunakan dana BPNT. 

 

Menurutnya, ada sekitar 800 penerima manfaat mengalami hal itu. Ia menyebut permasalahan ini sudah dibahas bersama Kementrian Sosial agar dicari solusinya.

 

 

 

"Kita sudah sampaikan bahwa ada penerima yang tidak bisa memanfaatkan bantuan yang diterima, ada juga yang tidak menerima sama sekali," paparnya.

 

Firdaus menyebut bahwa bank penyalur nantinya bisa berkordinasi dengan dinas sosial. Apabila ada kendala dalam proses penyaluran bantuan terdebut.