Puluhan Ribu Lansia di Pekanbaru Belum Divaksin

Vaksinasi-lansia3.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Puluhan ribu masyarakat lanjut usia atau lansia di Kota Pekanbaru belum menerima suntikan vaksin Covid-19. Jumlah lansia yang belum menerima suntikan vaksin sebanyak 55.504 orang.

Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, mendata saat ini baru 14.880 orang lansia sudah mendapat suntikan vaksin. Sedangkan total lansia yang mesti menerima suntikan vaksin sebanyak 70.384 orang.

Para lansia harus mendapat suntikan vaksin hingga akhir tahun 2021. Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru sedang berupaya agar seluruh lansia bisa mendapat suntikan vaksin.

"Kita berupaya mendorong lansia, agar bisa menjalani vaksinasi," terang Plt Kadiskes Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra, Minggu 5 September 2021.


Menurutnya, para lansia bisa menjalani vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat. Mereka bisa suntik vaksin di rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Kota Pekanbaru mendapat tambahan pasokan vaksin Covid-19 sebanyak 8.232 vial. Ada dua jenis vaksin yang diterima yakni Astrazeneca dan Coronavac.

Astrazeneca sebanyak 432 vial. Vaksin ini cukup untuk 3.456 dosis. Sedangkan vaksin jenis Coronavac sebanyak 7.800 vial. Vaksin ini cukup untuk 15.600 dosis.

Total pasokan vaksin yang tersedia mencapai 19.056 dosis. Dosis vaksin yang ada sudah disalurkan ke seluruh layanan kesehatan baik rumah sakit maupun puskesmas.