Zulfi Mursal Ingin Konsep Wisata Riau ke Arah Wisata Halal

mursal-dprd.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi I DPRD Riau, Zulfi Mursal mengusulkan agar konsep pariwisata yang sedang 'digodok' Ranperda diarahkan ke konsep pariwisata halal.

Ia menyebut konsep pariwisata halal ini akan bernilai khusus dibanding konsep pariwisata daerah lain.

"Kita inginnya ada judul yang menarik kepada masyarakat sebagai rujukan bagi daerah lain soal wisata halal," ujar Zulfi, Jumat, 3 September 2021.

Menurutnya, konsep wisata halal ini bisa di-branding menyesuaikan konsep budaya Melayu yang ada di Riau.


"Kalau wisata lain kan sudah biasa di daerah lain. Belum ada kan yang berbunyi wisata halal. Kita ingin brand itu sehingga ada kecenderungan orang untuk ke Riau," tambahnya.

Sektor pariwisata disebut Zulfi hingga kini belum dapat dimaksimalkan untuk menjadi tumpuan Pendapatan Asli Daerah (PAD) padahal amat potensial mendongkrak ekonomi Riau.

"Kita berharap wisata halal ini bisa jadi pendapatan asli daerah di sektor wisata. Kota ketahui sepuluh tahun ini hanya menyumbang 0,3 sampai 0,5 persen," jelas Zulfi.

Menurut Zulfi rencana pembangunan wisata dalam 15 tahun ini bisa dimaksimalkan tidak hanya menggunakan APBD namun juga APBN sehingga dapat maksimal.

"Rencananya ini kan 2021 sampai 2035, kita harap ini bisa dibuat prioritasnya. Jangan hanya mengandalkan APBD Provinsi tapi juga kita tarik APBN," tutup Zulfi.