20 Sanggahan Diterima. Pelamar Akhirnya Bisa Ikut SKD CASN Pemko Pekanbaru

tes-cpns4.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Banyak sanggahan dari pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) ternyata tidak diterima oleh Tim Panitia Seleksi CASN Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021. Tim hanya menerima 20 dokumen sanggahan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru, Baharuddin menyebut, 17 di antaranya sanggahan formasi CPNS. Sedangkan tiga lagi dari formasi PPPK.

"Jadi yang kita terima hanya 20 dokumen sanggahan, mereka bisa ikut tahapan CASN selanjutnya yaitu SKD," ujarnya, Selasa 17 Agustus 2021.

Total ada 276 orang pelamar yang melayangkan sanggahan. Namun kebanyakan sanggahan yang disampaikan tidak bisa diterima oleh tim seleksi.

Satu di antaranya panitia tidak bisa menerima dokumen sanggahan lantaran ada pelamar yang tidak sesuai foto dirinya dengan foto di KTP. Padahal pelamar sudah memastikan NIK yang ada memang miliknya.


"Ada yang berfoto dengan KTP, tapi berbeda wajahnya. Kita jadi ragu, itu benar dia atau tidak. Takutnya berbeda foto di KTP yang berfoto," terangnya.

Kebanyakan CPNS tidak memenuhi syarat karena surat lamaran tidak sesuai format. Daerah atau instansi tujuan surat lamaran tidak sesuai. Ada juga pelamar dari kampus yang tidak ada akreditasi.

Kemudian, tidak sesuai formasi atau kualifikasi pendidikan. Pelamar yang tidak lolos juga karena IPK di bawah syarat minimal. Sedangkan calon PPPK yang non guru kebanyakan tidak memenuhi syarat karena tidak melampirkan pengalaman kerja.

Ada juga pengalaman kerja kurang dari tiga tahun dan surat tanda registrasi tidak berlaku lagi. Jumlah pelamar CASN Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021 yang memenuhi syarat sebanyak 4.950 orang. Sedangkan total pelamar sebanyak 5.645 orang.

"Tahapan selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Kita masih menanti jadwal pasti seleksi tersebut," paparnya.

Pelamar yang lolos seleksi administrasi memperebutkan 313 formasi yang ada dalam seleksi CASN Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021. Formasi CPNS tahun ini sebanyak 33 formasi dan 280 formasi PPPK.