Jauh-jauh Sepedaan ke Rejosari, Tri Kecewa Tidak Bisa Vaksin

vaksin-massall.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jadwal vaksinasi Covid-19 Tahap II batal dilaksanakan, Jumat 6 Agustus 2021. Sejumlah masyarakat harus kecewa karena belum bisa mendapatkan suntik vaksin.

Satu di antaranya, Tri. Ia bergegas menuju Puskesmas Rejosari karena mendapat info jadwal vaksin kedua dari sosial media Dinkes Pekanbaru. Ia pun berangkat naik sepeda menuju puskesmas tersebut.

Namun ia harus kecewa karena belum bisa mendapat suntik vaksin. Sebelumnya, ia sudah suntik vaksin tahap I di Kejati Riau. Ia pun mendapat rujukan lokasi vaksinasi kedua di Puskemas Rejosari.

"Ramai tadi di lokasi Puskemas Rejosari. Kata petugasnya stok kosong dua mingguan ini. Kami disuruh sering-sering cek facebook aja untuk informasi," kata Tri kepada riauonline.co.id.

Sebelumnya diinformasikan, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru akhirnya menerima pasokan vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat. Ada 8.000 dosis vaksin tambahan bagi masyarakat.


Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra menyebut, tambahan dosis yang tersedia saat ini hanya bagi penerima dosis vaksin kedua.

"Kita fokus pada penerima dosis kedua yang tertunda pemberian vaksinnya," ujarnya , Jumat 6 Agustus 2021.

Pihaknya langsung menggesa pemberian suntik vaksin bagi masyarakat. Ia mengaku sudah menyalurkan dosis vaksin yang datang ke seluruh fasilitas kesehatan.

"Setelah datang vaksin Kamis malam, Jumat pagi langsung kita distribusikan ke fasilitas kesehatan," ujarnya.

Pasokan vaksin tambahan tersebut belum mencukupi kebutuhan vaksin dosis kedua.
Kebutuhan vaksin dosis kedua untuk saat ini mencapai 100 ribu lebih. Kondisi ini membuat banyak masyarakat yang tertunda menerima dosis vaksin kedua.

Arnaldo tidak menampik sempat terjadi kekosongan vaksin di layanan kesehatan termasuk di RSD Madani dan seluruh puskesmas.