209 Titik Panas Terpantau di Sumatera, Riau Salah Satu Penyumbangnya

Karhutla-Pelalawan2.jpg
(Pemadam Kebakaran Pelalawan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pekanbaru mencatat adanya hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera, Selasa, 27 Juli 2021.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Sanya mengatakan, ada 209 titik panas yang terpantau di Pulau Sumatera dengan penyumbang terbanyak itu Lampung.

"209 titik panas tersebut tersebar di sepuluh provinsi," katanya, Selasa, 27 Juli 2021.

Untuk sebaran titik panasnya sendiri, NAD satu titik panas. Bengkulu 16 titik panas. Jambi 11 titik panas. Sedangkan Lampung ada 59 titik panas.

 

 


Sumatera Barat dan Sumatera Utara masing-masing ada sembilan titik panas. Sumatera Selatan 58 titik panas. Kepulauan Riau ada dua titik panas.

"Bangka Belitung 27 titik panas. Riau 14 titik panas," ujarnya.

Di Provinsi Riau sendiri tersebar di tujuh kabupaten. Kabupaten Bengkalis ada tiga titik panas. Kabupaten Pelalawan, Rokan Hulu, Indragiri Hilir, dan Kota Pekanbaru terpantau masing-masing satu titik panas.

 

Rokan Hilir ada dua titik panas dan Indragiri Hulu ada lima titik panas.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50– 96 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 05 – 30 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 -  1.25 meter (tenang).