Firdaus Copot Kepala OPD yang Kerjanya Lambat: Kita Cari yang Bisa Lari

Firdaus23.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Wali Kota Pekanbaru, Firdaus membeberkan hasil evaluasi kinerja kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada pertengahan Juli 2021 kemarin. Hasilnya banyak pejabat yang kinerjanya sedang.

 

"Banyak hasilnya sedang-sedang saja. Tapi secara umum kinerjanya sudah cukup bagus, maka kita akan cari yang bisa lari lebih cepat lagi," terangnya kepada awak media.

 

Menurutnya, pejabat dengan kinerja sedang-sedang saja itu tidak cukup. Ia mengaku butuh pejabat yang bisa berlari kencang pada masa pandemi Covid-19 ini. Dirinya mendorong para kepala OPD di lingkungan pemerintah kota bisa bergerak cepat.

 


"Kita butuh pejabat yang bisa bekerja lebih kencang lagi. Tingkatkan kecepatannya, biasanya 60 kecepatannya kalau bisa sekarang naikkan jadi 100," ujarnya.

 

Firdaus mengingatkan bahwa pejabat di lingkungan pemerintah kota harus tetap berinovasi. Mereka harus bisa melakukan percepatan terhadap program pembangunan.

 

Firdaus juga berencana kembali terjadi perombakan jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Perombakan terjadi pasca evaluasi kinerja kepala OPD pekan lalu.

 


Perombakan sejumlah posisi kepala OPD bakal berlangsung pada Agustus 2021 nanti. Ia mengaku ada rotasi dan mutasi sejumlah kepala OPD.

 

Firdaus segera melaporkan hasil evaluasi kinerja ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Ia melakukan rotasi dan mutasi setelah mendapat persetujuan dari KASN.

 

 

Ada kemungkinan sejumlah posisi kepala OPD kosong setelah rotasi dan mutasi. Pemerintah kota pun mengajukan assesment untuk seleksi terbuka pejabat untuk mengisi posisi yang kosong.

 

"Kita harapkan akhir tahun, yang lulus dalam assesment kita kukuhkan langsung," ulasnya.

 

Saat ini sejumlah posisi kepala OPD masih kosong dan dijabat pelaksana tugas atau plt. OPD tersebut yakni Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. Kemudian Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

 

Lalu posisi Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru. Ada juga Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distakan) Kota Pekanbaru. Lalu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru.