Kombes Nandang Pantau Ketersediaan Oksigen di Rumah Sakit, Begini Temuanya

kombes-nandang.jpg
(RAHMADI/ RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Demi memastikan pasien Covid-19 mendapatkan perawatan maksimal, Satgas Penanganan Covid-19 pantau ketersediaan tabung oksigen dan tempat tidur di Rumah Sakit Eka Hospital, Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang Mu'min Wijaya mengatakan, pihaknya memastikan ketersedian stok tabung oksigen yang digunakan untuk perawatan pasien Covid-19.

“Sudah saya cek langsung tadi ruangan penyimpanan oksigennya, kapasitas tabung penyimpanan oksigen ada di level 80 persen dari jumlah tabung yang ada sebanyak 3150 liter,” ucap Kombes Nandang, Kamis, 22 Juli 2021.

Ia menambahkan, setiap harinya pasien Covid-19 membutuhkan sekitar 800 liter oksigen.


“Sementara setiap harinya pasien Covid-19 membutuhkan 800 liter dan memang pihak rumah sakit setiap hari menyetok jumlah oksigen agar tidak kekurangan,” ucapnya.

Ia menyebut, dari hasil pengecekan gudang tabung oksigen di rumah sakit, ada 30 tabung ukuran 60 liter sudah siap untuk digunakan pasien Covid-19 jika dibutuhkan.

“Tadi sudah kita cek langsung ke gudang oksigennya sudah siap 30 tabung yang digunakan apabila ada pasien yang membutuhkan oksigen ketika berpindah ke ruang ICU. Ada 30 tabung ukuran 60 liter, ada juga tabung kecil ukuran lima liter sebanyak 50 tabung,” katanya.

Selain itu, Kapolresta Pekanbaru turut memastikan ketersedian tempat tidur bagi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Eka Hospital.

"Kita memastikan ketersedian tempat tidur di rumah sakit eka hospital karena rumah sakit harus menyediakan 40 persen ketersedian tempat tidur untuk pasien Covid-19. Alhamdulillah kita sudah koordinasi bahwa jumlah tempat tidur sebanyak 200, ada 104 tempat tidur yang disiapkan oleh pihak rumah sakit untuk merawat pasien Covid-19,” tutupnya.