350 Kamar di Rusunawa Rejosari "Disulap" Jadi Karantina OTG Covid-19

Rusunawa-Rejosari5.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Rumah susun sewa atau Rusunawa Rejosari menjadi lokasi karantina bagi pasien covid-19 di Kota Pekanbaru. Ada 360 kamar disiapkan menjadi lokasi isolasi bagi pasien Covid-19 yang tanpa gejala.

 

"Jadi kita siapkan 360 kamar untuk ruang isolasi bagi pasien," terang Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Kamis 15 Juli 2021.

 

Menurutnya, Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman (Perkim) Kota Pekanbaru sudah menyiapkan rusunawa tersebut. Mereka sudah memastikan rusunawa itu sudah bisa menjadi tempat isolasi bagi pasien Covid-19.

 

Apalagi 20 pasien sudah menjalani proses isolasi di sana. "Mereka di sana guna memastikan kondisi kesehatan selama isolasi," jelasnya.

Jamil menyebut bahwa ada 60 ambulans sudah menjemput pasien yang isolasi mandiri di rumah. Tim gabungan pun sudah menyebar di sejumlah wilayah kota.

 


Proses penjemputan pasien untuk dibawa ke lokasi karantina merupakan kerjasama Polda Riau, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru. Layanan kesehatan di Kota Pekanbaru juga ikut ambil bagian dalam proses penjemputan ini.

 

Kebanyakan pasien langsung jalani karantina di Asrama Haji Antara Riau. "Ambulans ini menjemput pasien positif Covid-19 yang masih isolasi di rumah," paparnya.

 

Jamil menegaskan, Wali Kota Pekanbaru telah menyampaikan bahwa pasien Covid-19 tidak boleh lagi isolasi mandiri di rumah. Mereka harus menjalani isolasi di fasilitas karantina yang disediakan pemerintah.

 

"Jadi mereka tidak berinteraksi dengan masyarakat di sekitarnya," katanya mengingatkan.