Kasir Berharap Petugas dan Masyarakat Santun Dalam Menghadapi PPKM

kasirr.jpg
(SIGIT/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi V DPRD Riau, Kasir berharap masyarakat dan pemerintah bekerja sama menaati Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Di satu sisi, Pengetatan PPKM bertujuan agar angka positif Covid-19 tak meledak seperti di Jawa. Di sisi lain, ia ingin agar PPKM tak sampai mencekik masyarakat dari sisi ekonomi.

"Untuk usaha kecil kita kasih kesempatan juga untuk berdagang, supaya ekonominya bisa tumbuh. Agak fleksibel sedikit lah," ujarnya.

Namun Kasir menegaskan, petugas tak pandang bulu untuk kegiatan-kegiatan yang tidak esensial dan mendesak.

"Kalau tidak penting-penting, misalnya anak muda kumpul-kumpul ya dibubarkan saja," tegasnya.


Bagi Kasir kondisi belakangan ini memang harus disikapi secara bijak, pendekatan yang tidak tepat kepada masyarakat justru akan membuat masyarakat antipati dengan kebijakan pemerintah.

"Kalau untuk cari makan ya agak santun lah. Masyarakat selain butuh kesehatan juga butuh makan. Ini saling beriringan," ungkapnya.

Ia mengingatkan agar jangan sampai kondisi Riau seperti kota-kota di Jawa khususnya Jakarta yang babak belur dihantam Covid-19 varian delta yang begitu mudah menular.

"Jangan sampai lah varian delta masuk ke Riau. Jakarta itu orang tidak bisa masuk ke rumah sakit lagi karena sudah penuh," ujarnya.

Tak lupa, politisi Hanura ini mengingatkan untuk tetap menerapkan 3M untuk mencegah penularan.

"Ayo kita sama-sama menjaga diri, jangan kumpul-kumpul, kenakan masker, cuci tangan," tutup Kasir.