Jalur Dua Depan Hotel Hasanah Teluk Kuantan Jadi Feeder Jalan Tol

Andi-Putra11.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menyambut baik dibangunnya jalan tol Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat - Indragiri Hulu Provinsi Riau. Jalan tol ini nantinya juga akan melintasi wilayah Kabupaten Kuantan Singingi.

Bupati Kuansing, Andi Putra sendiri juga telah bertemu dengan Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada Senin, 12 Juli 2021 kemarin.

Dalam pembicaraan tersebut Bupati Andi Putra sangat mendukung pembangunan jalur jalan Tol dari Dharmasraya Provinsi Sumbar-Indragiri Hulu Provinsi Riau.

Pembangunan feeder tol atau tol penghubung ke jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) rencananya diusulkan mulai dari Kabupaten Dharmasraya Sumbar - Indragiri Hulu Riau. Feeder tol ini juga akan melintasi wilayah Kabupaten Kuansing.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kuansing Ade Fahrer melalui Kepala Bidang Bina Marga PUPR Kuansing, Jafrison mengatakan, feeder jalan tol ini akan dibangun mulai dari Kabupaten Dharmasraya Sumbar - Indragiri Hulu Riau. Feeder tol ini juga akan melintasi wilayah Kabupaten Kuansing.



"Panjangnya dari Dharmasraya menuju Inhu itu lebih kurang 130 kilometer," kata Jafrison kepada Riau Online, Selasa, 13 Juli 2021 kemarin.

Dari pembicaraan antara Bupati Kuansing Andi Putra dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska sama-sama mendukung percepatan pembangunan feeder tol dari Dharmasraya - Inhu Riau.

 

"Dari 130 kilometer panjang feeder tol tersebut, ada sekitar 50 kilometer lebih melintasi wilayah Kuansing. Ini lebih panjang dari rencana awal," kata Jafrison.

Bupati Andi Putra menginginkan adanya pintu tol dibangun di kota Teluk Kuantan. "Rencananya feeder tolnya akan dimulai dari depan hotel Hasanah, itu panjangnya sekitar 20 kilometer sampai ke feeder tol Darmasraya - Inhu," terang Jafrison.

Dijelaskan Jafrison untuk feeder tol ini lebarnya hanya 60 meter. "Kalau ruas tol utama trans sumatera 100 meter, untuk feeder tol hanya 60 meter," katanya.

Jadi jelas Jafrison feeder tol ini nantinya akan menyambung ke tol trans sumatera. "Pak Bupati sangat mendukung dibangun feeder tol ini," pungkasnya.