Warga Teluk Lanus Kembali Diteror Harimau, Bolak-balik Masuk Kampung

harimau-triomas.jpg
(istimewa)


Laporan: SAHRIL RAMADANA

RIAU ONLIEN, SIAK - Warga Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, kian resah akibat teror harimau Sumatera yang masuk ke pemukiman warga.

Bahkan, tiga orang warga daerah itu, Fahmi, Leri dan Panji sampai saat ini masih trauma lantaran berjumpa dengan kucing besar tersebut.

"Mereka jumpanya saat harimau menyebrang paret dari hutan menuju pemukiman warga. Sampai saat ini, ketiga orang itu masih trauma," kata Penghulu Kampung (Kades) Teluk Lanus, Irwan Syahroni dalam keterangan tertulis yang diterima Riauonline, Selasa (13/6/2021).


Malamnya, di hari yang sama sekitar pukul 20.00 Wib, masyarakat juga mendengar seekor harimau mengaung tidak jauh dari pemukiman. Warga pun panik lantaran suara itu kedengarannya tidak jauh dari pemukiman.

"Perkiraan warga, suara itu hanya berjarak 200-an meter. Kan dekat itu. Tentu warga panik," kata dia.

Sepanjang tahun ini, sedikitnya sudah tiga kali harimau meneror warga Kampung Teluk Lanus. Bahkan, satwa dilindungi bernama latin Panthera tigris sumatrae itu juga menerkam dan memangsa hewan ternak warga.

Pada April lalu misalnya, kucing besar itu masuk ke pemukiman hingga menerkam dan memangsa seekor ayam milik warga. Selanjutnya, pada 25 Juni lalu, ditemukan 2 ekor kambing mati akibat dimangsa hewan kucing besar tersebut.

Karena suasana kampung dianggap sudah mencekam, maka pemerintah kampung berharap agar pihak terkait menangkap harimau yang berkeliaran di daerah itu.

"Ya, kita berharap pihak terkait mengevakuasi harimau itu ke hutan atau ke kebun binatang. Supaya warga kami tenang beraktifitas," kata dia.