Perkuat SDM Tekan Covid-19, Jafrinaldi Gantikan Helmi Jadi Plt Kadiskes Kuansing

Jefrinaldi2.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Pemerintah Kabupaten Kuansing resmi menunjuk Jafrinaldi sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing. Jafrinaldi menggantikan Helmi yang tetap menjadi Sekretaris Dinas Kesehatan Kuansing.

Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Kuansing, Agusmandar mengatakan, penunjukan Jafrinaldi sebagai Plt Kadiskes Kuansing dalam rangka memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) pada Dinas Kesehatan Kuansing.

"Sebenarnya bukan mengganti, pak Helmi tetap dengan jabatannya sebagai Sekretaris Diskes Kuansing. Ini hanya untuk memperkuat atau menambah SDM pada Diskes Kuansing saja," kata Agusmandar dihubungi Riau Online, Senin, 12 Juli 2021 kemarin.

Jafrinaldi sendiri tentunya akan mendapatkan tugas berat. Karena saat ini pria lulusan STPDN ini selain menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kuansing juga dipercaya menjadi Plt Kadiskes Kuansing.

Menurut Agusmandar penunjukan ini sudah melalui kesepakatan Pemkab Kuansing dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing.

"Ini untuk menambah penguatan kapasitas serta mendongkrak kinerja Dinas dan jajaran dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuansing," katanya.

Agusmandar berharap dengan kepemimpinan Jafrinaldi pada Diskes Kuansing diharapkan angka Covid-19 di Kuansing bisa menurun. "Mudah-mudahan Covid-19 bisa ditekan berkurang di Kuansing, sebenarnya manajemennya saja sekarang dipimpin eselon II," pungkasnya.

 

 

 


 

Sementara Jafrinaldi dihubungi terpisah mengatakan, langkah pertama yang akan dilakukan agar Covid-19 di Kuansing bisa menurun adalah penyamaan persepsi kalau penanganan masalah Covid-19 ini harus melibatkan semua pihak.

"Ini harus menjadi tanggungjawab kita bersama, karena mesti dilakukan secara komprehensif dan semua pihak harus berperan aktif dalam penurunan angka Covid-19 di Kuansing," kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kuansing, Senin kemarin.

Seain itu lanjutnya Dia, koordinasi dengan berbagai pihak harus dibangun terutama seluruh instansi supaya masalah Covid-19 ini secepatnya bisa dituntaskan.

"Jadi koordinasi dengan semua instansi harus kita bangun dengan baik, agar penanganan Covid-19 bisa cepat. Dan kesadaran masyarakat untuk patuh terhadap prokes juga harus dibangun," pungkasnya.