Berbobot 889 Kilo, Lihat Penampakan Sapi Limosin Jokowi untuk Warga Riau

Sapi-Limosin2.jpg
(Andrias/Riau Online)

RIAU ONLINE, BENGKALIS-Presiden Jokowi membeli sapi Limosin seberat 889 kilogram milik peternakan Sapi Ayuk Bersaudara Desa Kelapapati Kecamatan Bengkalis, Riau, sebagai sapi qurban untuk masyarakat Riau pada Idul Adha tahun ini.  

Sapi berwarna kecoklatan muda yang sudah berumur enam tahun lebih itu, memiliki berat mencapai sekitar 889 kilogram. Serta sapi ini sudah diberikan label pemenang kontes sebagai sapi terbaik di Provinsi Riau sejak April 2021 lalu ini.

 

Pelepasan sapi qurban Presiden Jokowi untuk masyarakat Riau berlangsung dilaksanakan Peternakan Sapi Ayuk Bersaudara Desa Kelapapati. Secara simbolis oleh Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santoso melepas sapi untuk di bawa ke Pekanbaru, Senin 12 Juli 2021 pagi.

 

  

Saat melepas sapi ini, Bagus Santoso berharap dengan terpilihnya sapi limousin milik peternak Kabupaten Bengkalis menjadi langkah untuk pengembangan ternak khususnya sapi di Bengkalis.

 

"Hari ini kita lepaskan sapi jenis limousin sebagai sapi qurban Presiden Jokowi. Alhamdulillah mudah-mudahan, ini menjadi langkah untuk pengembangan ternak sapi di Pulau Bengkalis," ungkapnya.

 

Menurut dia, Pulau Bengkalis memiliki potensi untuk peternakan dan hal itu sudah terbukti dengan terpilihnya sapi asal Bengkalis sebagai salah satu sapi qurban Presiden yang akan diserahkan kepada Gubri.

 

 

Sapi Limosin milik warga Bengkalis yang dibeli Presiden Jokowi untuk sapi kurban warga Riau/Andrias/Riau Online

 

"Sapi asal Kabupaten Bengkalis yang terpilih. Ayo berternak sapi bersama karena sudah ada contoh dan buktinya, Bengkalis mempunyai potensi untuk menjadi peternak sapi yang handal," ajaknya.

 


limosin

 

Sapi Limosin milik warga Bengkalis yang dibeli Presiden Jokowi untuk sapi kurban warga Riau/Andrias/Riau Online

 

Sementara itu Kepala Dinas Tanamam Pangan Holtikultura dan Perternakan (DTPHP) Bengkalis melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Amri Noer mengatakan, bahwa terpilihnya sapi limousin milik peternak Kabupaten Bengkalis untuk qurban masyarakat Riau telah melalui proses dan prosedur yang panjang.

 

 

 

Sapi ini sebelumnya telah didaftarkan untuk mengikuti proses seleksi secara ketat dengan bobot 800 Kilogram lebih pada April lalu.  "Sapi yang kita daftarkan ada tiga ekor, dan satu ekor dari kabupaten lain. Alhamdulillah sapi lemousin Bengkalis terpilih sesuai dengan hasil seleksi oleh Balai Veteriner  Bukittinggi dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau," terangnya.

 

Dari hasil penimbangan bobot sapi limousin ini memiliki berat sekitar 889 kilogram. Penimbangan dilakukan saat mengikuti seleksi sejak April 2021 lalu dan diperiksa kesehatannya oleh Balai Veteriner Bukittinggi yang mewakili Kementerian Pertanian.

 

"Dan sepekan lalu tim dari provinsi juga melakukan pengamatan ulang untuk memastikan kesehatan hewan tersebut," pungkasnya.