SMP Negeri 18 Pekanbaru Siap Gelar Sekolah Tatap Muka atau Daring

Belajar-tatap-muka30.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Peserta didik di Kota Pekanbaru rencananya memulai tahun ajaran baru 2021 pada 19 Juli 2021 mendatang. Sejumlah sekolah di Kota Pekanbaru mengaku sudah siap menghadapi tahun ajaran baru.

 

Sekolah siap menggelar proses belajar tatap muka terbatas atau secara online. Satu di antaranya SMP Negeri 18 Pekanbaru.

 

"Kita pada intinya siap saja, online atau tatap muka terbatas," terang Kepala SMP Negeri 18 Pekanbaru, Zamhuri.

 

Menurutnya, pihak sekolah masih menanti arahan dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Mereka menanti kebijakan teknis proses belajar mengajar pada tahun ajaran baru nanti.

"Kita melihat situasi, intinya kita sudah siap," paparnya.

 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Muzailis mengaku pihak dinas masih menunggu instruksi dari Satgas Covid-19 Pekanbaru. Apalagi sudah ada arahan Gubernur Riau agar proses belajar mengajar tatap muka tidak digelar. 

 

Para peserta didik bisa belajar dari rumah secara online. Mereka masih mengacu pada kebijakan tersebut.


 

"Namun kebijakan bisa berubah, bila memang ada instruksi atau surat edaran dari Gubernur Riau baru terkait belajar tatap muka," jelasnya.

 

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengingatkan agar aktivitas belajar mengajar saat ini dilakukan secara online. Ini berlaku bagi seluruh lembaga pendidikan seiring pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang berlangsung hingga 20 Juli 2021.

 

Firdaus mengizinkan belajar tatap muka usai pengetatan PPKM Mikro. Namun dengan syarat tertentu. 

 

Belajar tatap muka secara terbatas hanya di sekolah dalam wilayah zona hijau dan kuning dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Sedangkan untuk zona merah dan zona oranye tidak bisa.