Anak Usia 12-17 Tahun Bisa Akses Layanan Suntik Vaksin di Bus Vaksin

vaksin-anak.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Anak-anak di Kota Pekanbaru saat ini sudah bisa mendapat vaksin di bus vaksinasi keliling. Rentang usia yang bisa mendapat suntikan vaksin yakni 12 hingga 17 tahun.

 

Tim menfasilitasi anak-anak dan remaja yang hendak suntik vaksin. Para orangtua nantinya mesti mendampingi anaknya dengan membawa serta KK dan KTP. Mereka bisa datang ke lokasi bus vaksinasi keliling.

 

"Kita sudah mulai membuka layanan pemberian vaksin bagi 12 hingga 17 tahun," jelas Kordinator Bus Vaksinasi Keliling Kota Pekanbaru, Khairunnas, Jumat 9 Juli 2021.

Lebih lanjut ia memaparkan, jumlah masyarakat yang sudah mengakses layanan bus vaksinasi keliling mencapai 12 ribu orang lebih. Ia mengaku antusias masyarakat sangat tinggi untuk suntik vaksin.

 

Awalnya tim bus vaksinasi keliling cuma melayani vaksi dosis kedua. Namun melihat antusias masyarakat pihaknya membagi dua alokasi vaksin setiap harinya.


 

Satu hari ada dua ratus orang yang mengakses satu unit bus vaksinasi keliling. Seratus orang mendapat alokasi vaksin dosis pertama dan seratus orang mendapat alokasi dosis kedua.

 

Total satu hari ada sekitar 2.000 orang yang mengakses layanan bus vaksinasi keliling. Tim lapangan mengaku tidak ada kendala berarti selama ini.

 

Mereka hanya mengalami kesalahpahaman di lapangan. Apalagi pihaknya bertanggung jawab pada moda bus vaksinasi. Pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap layanan bus vaksinasi ini.

 

"Kita kordinasi dengan baik untuk menjembatani agar tenaga kesehatan bisa memberi layananan dari dalam bus," jelasnya.