Ratusan Orang Terima Zakat Distribusi Tahap III Tahun 2021

bazna.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Satu persatu zakat diberikan kepada penerima zakat saat distribusi tahap III tahun 2021 oleh Baznas Kota Pekanbaru, Selasa 6 Juli 2021. Baznaz kota menyalurkan zakat sebesar Rp 325.850.000.

Sebanyak 188 orang menjadi penerima zakat dalam distribusi kali ini. Penerima terbanyak dari program Pekanbaru Peduli.

Baznas kota merinci, jumlah penerima dalam program ini sebanyak 86 orang. Total nilai zakat yang disalurkan mencapai Rp 118.150.000.

Ada sejumlah program dalam distribusi zakat ini. Program lainnya yakni Pekanbaru Makmur dengan jumlah penerima 70 orang.


Total nilai bantuan untuk program ini sebanyak Rp 171.450.000. Ada juga program Pekanbaru Cerdas dengan jumlah penerima 30 orang.

Total bantuan sebesar Rp 33.250.000. Satu program lagi yakni Pekanbaru Sehat dengan jumlah penerima dua orang.

Bantuan yang disalurkan sebesar Rp 3 juta. "Kita sudah salurkan zakat kepada yang berhak," jelas Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil.

Menurutnya, bantuan ini untuk mendukung biaya pendidikan, ekonomi hingga kesehatan. Zakat ini mayoritas berasal dari zakat jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Pekanbaru.

Ada juga zakat dari para pemberi zakat. Ia berharap zakat tersebut bisa bermanfaat bagi para penerima. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19. Potensi zakat di Kota Pekanbaru yang terkumpul mencapai Rp 7 miliar dalam setahun.

"Kita berharap nantinya zakat ini bisa membantu masyarakat di masa pandemi," ujarnya.