Jadi Bupati Termuda Indonesia, Ini 10 Fakta Bupati Inhu Rezita Meylani

Rezita-Meylani10.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani menjadi bupati termuda di Indonesia. Sosok kartini zaman now yang menjadi inspiratif bagi kaum perempuan.

Ia baru genap berusia 27 tahun. Perempuan kelahiran Japura, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, 07 Mei 1994. Dia mengantikan posisi suaminya, Yopi Arianto yang telah memimpin Inhu selama dua periode.

 

Pelantikan Bupati Inhu Rezita Meylani dan Wakil Bupati Inhu Junaidi Rachmat dilakukan langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar, bertempat di Balai Pelangi Kompleks Kediaman Gubernur, pada Senin, 05 Juli 2021. Pelantikan berlangsung secara ketat dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

 

Rezita Meylani yang berpasangan dengan Junaidi Rachmat sebagai wakil bupati. Keduanya menang tipis pada Pilkada Serentak 2020 lalu. Lima tahun mendatang, keduanya akan memimpin Inhu pada periode 2021-2026.

 

 

Nah, pada momen pelantikan, ada beberapa peristiwa yang unik dan menarik, apa saja ? Berikut RiauOnline rangkum saat memantau langsung acara pelantikan tersebut.

 

1. Tiba di Lokasi Pelantikan Tanpa Pengawalan Ketat

 

Tiba di lokasi pelantikan sekitar pukul 07.54 WIB. Rezita tanpa pengawalan yang ketat. Ia menumpangi kendaraan roda empat berwarna hitam. Diikuti oleh rombongan yang berada di belakang mobilnya.

 

2. Tampil Mesra Bareng Suami

 

Saat tiba di lokasi pelantikan, Rezita Meylani, didampingi langsung oleh suami yaitu Yopi Arianto. Keduanya pun terlihat mesra saat turun dari dalam mobil yang ditumpanginya.

 

3. Akrab dan Dekat dengan Masyarakat

 

Sebelum memasuki tempat pelantikan, Rezita pun sudah ditunggu oleh masyarakat yang ingin berswafoto. 

 

Terlihat, ia memakai lengkap baju dinas bupati, yang serba berwarna putih itu, dengan memakai masker putih, dan topi bupati hitam, serta pantopel putih.

 

Sementara suaminya, Yopi Arianto memakai batik, peci hitam, celana hitam, dan sepatu hitam. Yang juga ikut berswafoto.

 


 

 

 

4. Meskipun Jabat Kepala Daerah, Rezita Meylani Tetap Jadi Sosok Ibu

 

Usai acara pelantikan berlangsung. Pantauan RiauOnline, Rezita terlihat mengajak anaknya, sambil memegang tangan, dan mengendongnya untuk ikut berjalan menuju lokasi pelantikan Ketua TP PKK Inhu di Gedung Balai Pauh Janggi.

 

Ia pun nampak asyik berjalan santai, sambil mengobrol bersama anak, dan rekan/protokolnya. Rezita, meskipun sudah menjadi kepala daerah, ia tetaplah menjadi sosok ibu bagi anak-anaknya.

 

5. Sabar dan Penyayang Anak-Anak

 

Anaknya yang lincah, dan sedikit jail, saat berjalan menuju lokasi Gedung Balai Pauh Janggi. Tidak membuatnya marah atau kesal. 

 

Ia malah pelan-pelan mengajak bercerita dan mengendongnya. Meskipun akhirnya juga turun dan berjalan sendiri dengan riang dan gembira. 

 

Rezita saat ini tidak hanya menjadi kepala daerah yang sabar dan penyayang masyarakat, ia juga begitu sabar, dan penyayang anak-anak.

 

6. Masih Muda, Namun Dekat dengan Emak-Emak

 

Saat usai pelantikan Ketua TP PKK Inhu. Rezita pun sudah ditunggu oleh ibu-ibu atau emak-emak yang ingin berswafoto bareng Rezita.

 

Tepatnya, didepan pintu masuk Balai Pauh Janggi, tempat parkir mobil dinas yang sudah menunggunya lama untuk menjemput.

 

Dengan sabar, ia melayani emak-emak untuk berswafoto bersama. Dengan memakai baju dinas, dan masker, Rezita begitu santai dan dekat dengan ibu-ibu, yang juga memakai masker secara ketat.

 

7. Mobil Dinas yang Jemput Rezita Standar

 

Tidak seperti pelantikan bupati sebelumnya. Mobil dinas yang menjemput Rezita pun tergolong standar, tidak begitu mewah seperti pelantikan bupati sebelumnya. Mobil dinas berplat BM 1 B itu, berjenis mobil Kijang Innova.

 

8. Punya Misi untuk Membangun Masyarakat Indragiri Hulu

 

Rezita punya visi dan misi untuk melanjutkan pembangunan yang sudah dilakukan untuk Masyarakat Indragiri Hulu. Ia sampaikan keseriusannya juga dalam menangani pandemi Covid-19.

 

Menurutnya, dalam waktu dekat program jangka pendek yang segera dilakukan yaitu penanganan Covid-19.

 

"Insya Allah, karena sekarang masih di masa Pandemi Covid-19. Insya Allah kita akan menangani dan juga mencegah dari dampak Covid-19. Kita juga akan bersinergi dengan PKK pemulihan ekonomi kita melalui UMKM, kegiatan padat karya dan kegiatan perekonomi lainnya," ucapnya, kepada RiauOnline.

 

9. Sosok Kartini yang Inspiratif di Indonesia

 

Era kartini modern masa kini. Itulah yang bisa digambarkan pada perempuan termuda memimpin Kabupaten Indragiri Hulu saat ini. Rezita tidak hanya menjadi wanita termuda sebagai bupati.

 

Ia juga menjadi sosok yang menginspirasi bagi banyak perempuan yang ada di Indonesia dan khususnya Riau.

 

Apalagi dengan torehan pengalaman organisasi dan penghargaan yang diterimanya sebagai sosok perempuan inspiratif oleh Yayasan Penghargaan Indonesia, tahun 2018 lalu.

 

10. Murah Senyum

 

Meskipun sejak tiba di lokasi pelantikan, memakai masker. Tapi, Rezita terlihat murah senyum kepada masyarakat yang saat itu mengajaknya untuk berswafoto.

Itu terlihat dari bagaimana respon, raut wajah, yang ditampilkan Rezita kepada orang-orang disekitarnya.

 

Nah itulah, beberapa momen langka yang bisa RiauOnline rangkum pada pelantikan Bupati termuda di Indonesia, yaitu Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani.