65 Persen Pedagang dan Pengunjung di Pasar Gunung Kuansing Tak Bermasker

diskop.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kuansing, Azhar menyebut sekitar 65 persen pedagang dan pengunjung di Pasar Gunung, Desa Gunung, Kecamatan Gunung Toar tidak menggunakan masker.

Pasar di Desa Gunung ini merupakan salah satu pasar tradisional di Kabupaten Kuansing. Pasar ini digelar setiap hari Senin setiap minggunya. Sayangnya pedagang maupun pengunjung masih rendah kesadaran disiplin akan protokol kesehatan terutama tidak menggunakan masker.

"Alasan mereka maskernya ketinggalan di rumah dan ada yang lupa bawa masker," kata Kepala Dikoperindag Kuansing, Azhar melalui keterangan tertulis diterima Riau Online, Senin, 28 Juni 2021.


Diskoperindag sendiri katanya, akan terus melakukan pengawasan dan memberikan edukasi baik kepada pedagang maupun pengunjung yang datang kepasar supaya disiplin menjalankan protokol kesehatan terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Tadi sudah kita berikan edukasi baik kepada pedagang maupun pengunjung supaya mematuhi prokes saat berada di keramaian dengan memakai masker dan menyediakan tempat cuci tangan," katanya.

bersama Camat Gunung Toar ia juga membagikan masker kepada pedagang dan pengunjung.

"Sekitar 65 persen pedagang dan pengunjung kita temukan abai prokes terutama tidak menggunakan masker, ini akan jadi perhatian kita kedepannya dengan turun melakukan pengawasan dan memberikan edukasi," pungkasnya.