Pekanbaru Kekurangan Dosis untuk Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

vaksin-imigran.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kota Pekanbaru sudah menerima pasokan vaksin Covid-19 tambahan sebanyak 40 ribu dosis. Pasokan tersebut berada di Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra mengatakan jumlah pasokan tambahan ini belum memenuhi kebutuhan vaksin di Kota Pekanbaru.

 

Ia menyebut bahwa yang sangat membutuhkan vaksin adalah warga yang hendak vaksin dosis kedua. Hingga akhir Juni 2021 ada 92 ribu orang yang harus mendapat suntik vaksin kedua. Jumlah vaksin yang tersedia kurang dari setengahnya.

 


"Ini belum cukup, vaksin kita masih terbatas. Maka masih kita prioritaskan vaksin kedua," ujarnya kepada awak media, Jumat sore.

 

Menurutnya, dinas bakal mengajukan vaksin tambahan kepada pemerintah kota. Pihaknya sudah mengajukan sekitar 150.000 dosis.


 

"Tapi yang datang belum mencukupi, kita akan ajukan tambahan lagi," jelasnya.

 

Total ada tambahan 18.660 vial vaksin dari pemerintah pusat untuk Provinsi Riau. Vaksin ini cukup untuk 185.908 dosis. Pasokan vaksin Covid-19 tambahan untuk Kota Pekanbaru datang pada Kamis 24 Juni, malam.

 

 

Menurut Arnaldo, vaksin tersebut diprioritaskan bagi penerima vaksin dosis kedua. Banyak masyarakat yang tertunda menerima vaksin dosis kedua akibat kekosongan vaksin beberapa hari lalu.

 

"Banyak yang seharusnya menerima dosis kedua vaksin, tapi belum menerima. Maka kita prioritaskan penerima vaksin dosis kedua," ulasnya.