Robin Hutagalung Dukung Pasar Cik Puan Dikelola Swasta, Ini Alasannya!

robin-hut.jpg
(SIGIT/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau asal dapil Pekanbaru, Robin P Hutagalung mendukung pengelolaan Pasar Cik Puan oleh swasta.

Menurutnya, ini solusi untuk membangun Pasar Cik Puan tanpa memperberat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pekanbaru.

"Ya itukan bisa dilakukan dalam hitung-hitungan yang tidak merugikan masyarakat. Investor bisa dilibatkan karena membangun kota Pekanbaru ini tak melulu harus menggunakan APBD," ujar Robin, Jumat, 25 Juni 2021.

Berbeda dengan pandangan legislator DPRD Riau lain, Husaimi Hamidi yang tegas menolak swastanisasi, Ketua Komisi II ini menilai kondisi keuangan Pemda cukup berat terbebani penanganan Covid-19. Sehingga tak masalah jika menggunakan pihak swasta.


"Apalagi dengan pandemi Covid-19 ini, tentu uang APBD kita fokuskan untuk menangani pandemi. Kalau pak Firdaus bisa mendatangkan investor tentu kita sambut baik," ungkapnya.

Menurutnya ini adalah solusi melihat Pasar Cik Puan yang masih mangkrak untuk segera dibenahi dan digunakan.

"Inikan pilihan, karena kalau tanpa investor pemerintah juga tak ada dananya, jadi sampai kapan itu akan terbengkalai," tambahnya.

Terkait kekhawatiran akan melonjaknya harga sewa bagi pedagang, Robin menyebut hal ini bisa diawasi untuk disesuaikan dengan kemampuan pedagang.

"Investor juga tidak bisa semena-mena dalam menentukan tarif. Itu tentu melihat aspek lain seperti kemampuan membayar dan sebagainya," tutup Robin.