Syamsuar Sentil Dinas Pendidikan Soal PPDB yang Tertunda: Secepatnya Dibuka

Syamsuar108.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri di Riau segera dilakukan. Ia menyebut sistem yang digunakan masih online.

 

"Iya secepatnya dibuka, sehingga anak-anak bisa mengikuti ujian ini. Sistem tetap online. Ini kan kemarin tidak disediakan anggaran oleh Dinas Pendidikan," kata Syamsuar, Rabu, 23 Juni 2021, di Gedung Daerah Balai Serindit.

 

Dia menjelaskan saat ini sudah dilakukan pematangan untuk PPDB Online Tingkat SMA/SMK Negeri se Riau dengan bantuan tim IT.

 

"Karena itu, tentunya ini sekarang kita tetap kerja secara online. Dibantu juga IT dari Kominfo kita, bersama tim IT dari Unilak dan dari PCR. Insya Allah ini sudah siap," ujarnya.

Lanjutnya, tinggal menunggu untuk disosialisasikan kepada operator. "Tinggal nanti di sosialisasikan kepada guru, operator termasuk kepala sekolah, Sabtu ini disini kalau tidak salah. Nanti sudah diberitahukan," pungkasnya.


 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Zul Ikram mengatakan pendaftaran PPDB online mulai dilaksanakan pada 28 Juni sampai 3 Juli 2021.

 

Ia menuturkan khusus untuk seleksi dan tes SMK dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, mulai tanggal 28 Juni sampai 5 Juli 2021.

 

"Pendaftaran PPDB secara online, Insyaallah sudah bisa dilakukan mulai Senin 28 Juni besok," kata Zul Ikram, Rabu, 23 Juni 2021.

 

 

 

 

 

Dia melanjutkan untuk tahapan pengumuman hasil seleksi pada 7 Juli 2021. Kemudian, pendaftaran ulang atau verifikasi berkas pada 8 sampai 9 Juli 2021.  

 

"Untuk jadwal pengenalan lingkungan sekolah atau masa orientasi peserta didik dilaksanakan pada 10 sampai 11 Juli 2020," pungkasnya.