Merana, 6 Bulan Nakes Puskesmas di Kuansing Belum Terima Insentif

Nakes16.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sudah enam bulan lamanya terhitung sejak Januari 2021 lalu hingga kini tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas di Kuansing, Riau belum menerima insentif dari pemerintah. Di Kuansing terdapat 25 Puskesmas tersebar di 15 Kecamatan.

"Sampai kini kami belum ada menerima duit (insentif,red), sudah sejak Januari 2021 lalu. Yang tahun 2020 juga masih ada yang belum cair," ujar Kepala Puskesmas Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Masni kepada Riau Online, Minggu lalu.

Persoalan tersebut sudah disampaikan kepada Bupati Kuansing Andi Putra saat turun meninjau pelayanan di Puskesmas Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik minggu lalu.


"Persoalan ini sudah kita sampaikan kepada pak bupati apa saja kekurangan, memang duitnya sampai kini belum ada cair," katanya.

Sampai kini kata Masni, baik dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) untuk Puskesmas maupun JKN BPJS belum ada disalurkan untuk Puskesmas. "Tahun lalu juga masih ada belum dibayarkan, tahun ini sejak Januari 2021 sampai kini," katanya.

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kuansing, Helmi Ruspandi yang dihubungi mengatakan, BOK memang belum ada disalurkan.

"BOK itu memang dana dari pusat belum turun, ditambah ada terjadi pergeseran kemarin untuk penanganan covid-19 terjadi perubahan," kata Helmi.