DLH Siak Ajak Masyarakat Menabung di Bank Sampah, Ada Duitnya Lho!

ilustrasi-bank-sampah.jpg
(HiTekno)

Laporan: SAHRIL RAMADANA

 

RIAU ONLINE, SIAK - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Siak mengajak masyarakat untuk menabung sampah di Bank Sampah yang ada di kecamatan masing-masing. Karena sampah tersebut bisa dikonversikan menjadi nilai rupiah sesuai dengan jumlah kilogram sampah yang disetorkan.

 

"Masyarakat silahkan menabung di Bank Sampah, nanti yang menabung sampah bisa ditulis kgnya diganti dengan uang yang bisa untuk membayar rekening listrik dan air," kata Plt DLH Siak, Setya Hendro Wardhana, Senin (14/6/2021). 

 


Setya mengatakan, saat ini sudah ada 932 rekening bank sampah yang aktif di Kabupaten Siak. Terakhir, Bank Sampah yang diresmikan Bupati Siak belum lama ini.

 

Ia pun berharap masyarakat bisa menabung karena di desa/kelurahan sudah ada becak motor sampah sebagai alat pengangkutnya.

 

Becak motor itu bisa mengelola bank sampah di kampung/kelurahan. Sebab  sudah bekerjasama dengan Bank Sampah Induk Pelangi di Siak. Salah satu yang banyak menjadi nasabah bank sampah adalah buruh harian lepas yang menjadi tukang sapu di jalanan Siak.

 

"Tiap bulan mereka berlomba-lomba menabung sampah seperti daun. Semua sampah itu pun direkapitulasi dan diumumkan siapa yang paling banyak menabung. Ini juga untuk mendukung ekonomi kawan-kawan dari BHL," ungkapnya.

 

Dia mengatakan pihaknya saat ini juga fokus mengakomodir sampah plastik karena kebijakan strategis daerah pengurangan sampah plastik.