Pembahasan APBD-P Kian Dekat, Penunjukkan Sekdaprov Harus Dipercepat

Ade-Agus-Hartanto3.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi I DPRD Riau, Ade Agus Hartanto berharap penunjukkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau dapat segera dilakukan. Ia berharap pelantikan Sekdaprov ini dapat dilakukan bulan ini.

"Saya tidak tahu persis prosesnya karena panjang (proses) SK-nya sampai presiden. Tapi saya yakin Juni ini sudah dilantiknya ya," Ungkap Ade Agus, Rabu, 9 Juni 2021.

Ia menekankan, Sekdaprov yang notabenenya berperan sebagai ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sangat krusial sebab masa pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2021.

Meski demikian, ia menilai sejauh ini proses assesment Sekdaprov masih sesuai dengan waktu yang ditentukan.


"Koordinasi kita terakhir semua sudah sesuai dengan waktu yang ditentukan, kita tunggu saja. Ini kan belum terlalu lama-lama kali," ujarnya.

Terkait sejauh mana prosesnya, ia menyebut tak mengetahui persis karena masih menunggu informasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Gubernur Riau.

"Yang bisa memantau itu BKD dan Gubernur," tutupnya singkat.

Diketahui, sejauh ini seleksi calon Sekdaprov sudah mengerucut ke tiga nama, SF Hariyanto, Indra Suandy, dan Said Mustafa.

Sementara itu dalam pembahasan APBD P, Sekdaprov sebagai ketua TAPD akan menjadi pembuka jalan membahas refocussing anggaran bersama Badan Anggaran DPRD Riau.