Heboh Kemunculan Harimau Sumatera di Perkebunan PT Triomas Sungai Apit

harimau-triomas.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Beredar video di media sosial kemunculan seekor Harimau Sumatera di kawasan perkebunan PT Triomas, Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.

Dari rekaman video berdurasi 42 detik tersebut, terlihat seekor Harimau Sumatera berkeliaran di kawasan perkebunan perusahaan.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono mengatakan, video tersebut telah beredar dari tanggal 5 April 2021, dikirim oleh manajemen perusahaan perkebunan.


“Pengambil video adalah pekerja kebun yang berada di mess pekerja. Dari hasil pengecek di lokasi, diketahui harimau tersebut berjenis kelamin jantan dengan usia remaja,” ucapnya, Rabu, 9 Juni 2021.

Suharyono menambahkan, dari hasil pengecekan tim di lokasi, diketahui harimau tersebut sedang belajar berburu mangsa.

“Aktifitas harimau remaja ini adalah sedang belajar berburu mangsa. Daerah tersebut masuk kedalam lanskap semenanjung Kampar, dimana merupakan habitat Harimau Sumatera di Provinsi Riau,” terangnya.

Selanjutnya, tim BBKSDA Riau sudah melakukan komunikasi dan bimbingan terhadap pihak perusahaan terkait penanganan harimau dan keamanan pekerja perkebunan.

“Alhamdulillah, sampai saat ini tidak dijumpai lagi kejadian harimau tersebut di lokasi yang sama dan pihak perusahaan sudah komitmen melakukan pemantauan dengan menggunakan kamera trap,” tutupnya.