Belasan Anggota Satpol PP Positif Covid-19, Ini Kata Firdaus

cfd.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyebut Satpol PP Pekanbaru kewalahan dalam bertugas. Hal ini membuat kepala Satpol PP dan sejumlah belasan personel terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang terkonfirmasi positif Covid-19. Ia terkonfirmasi positif usai menjalani swab test atau tes usap, Senin 31 Mei 2021. Ada 13 personel lainnya juga dinyatakan positif Covid-19.

"Ada belasan orang yang terkonfirmasi positif, membuat Satpol kewalahan," ujar Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Kamis 3 Juni 2021.

Menurutnya, belasan orang di Satpol PP yang terkonfirmasi positif harus menjadi catatan. Apalagi yang positif ada kepala satuan, sekretaris dua kepala bidang dan sepuluh anggota.


Firdaus menilai hal ini merupakan risiko setiap hari melakukan tugas di lapangan. Tim satgas di dinas dan instansi juga rawan tertular Covid-19.

Para relawan dan tenaga medis juga rawan tertular Covid-19. Mereka selalu bertugas di garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

"Maka harus ada antisipasi untuk melindungi diri, hal ini untuk keselamatan dalam bertugas. Mereka juga harus menjaga kondisi tubuh. Caranya dengan menjaga imun tubuh," katanya mengingatkan.

Firdaus menuturkan, Tim dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru sedang melakukan penelusuran terhadap kontak erat dari belasan orang personel Satpol PP Kota Pekanbaru.

"Kita berupaya menelusuri kontak erat, minimal 15 orang. Hari ini belum banyak yang tercatat sebagai kontak erat," imbuhnya.