Vaksinasi Nakes di Kuansing Lampaui Target

Vaksinasi-nakes2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing mengklaim vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) termasuk SDM Kesehatan melampaui target.

"Untuk nakes sudah 200 persen lebih menjalani vaksinasi Covid-19. Ada sekitar lebih kurang 2 ribuan yang sudah disuntik vaksin," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing, Helmi Ruspandi dihubungi Riau Online, Rabu, 2 Juni 2021.

Sementara untuk TNI/Polri sudah 100 persen menjalani vaksinasi Covid-19. TNI/Polri sendiri masuk dalam kategori pelayan publik yang disuntik vaksin.

"Kalau TNI/Polri sudah tuntas, yang lain masih berlangsung. Kalau dipersentasekan keseluruhannya pelayan publik yang menjalani vaksinasi baru sekitar 24-25 persen," katanya.

Pihaknya saat ini masih fokus melakukan vaksinasi terhadap pelayan publik termasuk juga lansia. "Tenaga pendidik juga masuk kategori pelayan publik, kini masih berlangsung," katanya.


Namun masih ada sebagian warga belum mau disuntik vaksin dengan alasan takut karena berita-berita negatif soal vaksin.

"Padahal target kita dua bulan ini mulai Mei-Juni 2021 sebanyak 68 ribu harus sudah di suntik vaksin. Kendala masih ada yang takut disuntik vaksin," katanya.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sebanyak 10.127 orang sudah disuntik vaksin dosis pertama dan sebanyak 5.502 orang disuntik vaksin dosis kedua hingga per 31 Maret 2021.

Warga yang sudah menjalani vaksinasi tersebut terdiri dari tenaga kesehatan, petugas pelayan publik terdiri dari PNS, TNI/Polri, anggota DPRD, para Kades serta perangkat desa. Kemudian warga lanjut usia (lansia) dan masyarakat umum.

Warga yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama: tenaga kesehatan sebanyak 2.005, pelayan publik 7.086, lansia 849 orang dan masyarakat umum 187.

Kemudian sudah menjalani vaksinasi dosis kedua rinciannya tenaga kesehatan berjumlah 1.812 orang, petugas publik 3.437 orang, lansia 253. Untuk masyarakat umum belum ada yang menjalani vaksinasi dosis kedua.

"Kalau dijumlahkan total masyarakat yang sudah divaksin dosis pertama dan dosis kedua berjumlah 15.629," kata Yoni, staf Dinas Kesehatan Kuansing melalui keterangan tertulis diterima Riau Online, Senin, 31 Mei 2021.