Seleksi CASN dan PPPK 2021 akan Dibuka, Catat Tanggal Mainnya!

Tes-CPNS.jpg
(AFP/JUNI KRISWANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah akan segera menyelenggarakan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang terdiri dari Seleksi Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK).

Dari hasil pantaun RIAUONLINE.CO.ID dari laman resmi menpan.go.id, Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Katmoko Ari Sambodo mengatakan seleksi CPNS dan CPPPK memiliki tujuan yang berbeda sehingga kriterianya juga berbeda.

 

 

“Pada seleksi CPNS, pemerintah berharap dapat merekrut generasi muda yang akan dipersiapkan dan dididik untuk bekerja sesuai dengan jabatannya. Sementara, seleksi CPPPK didesain untuk mereka yang telah memiliki pengalaman di bidang kerja yang relevan dengan jabatan yang dilamar minimal tiga tahun,” jelasnya.

 

Adapun jadwal pengumuman seleksi adalah sebagai berikut :

·         Pengumuman seleksi 30 Mei s.d. 13 Juni 2021

·         Pendaftaran seleksi 31 Mei s.d. 21 Juni 2021

·         Seleksi administrasi dan pengumuman hasilnya 1 Juni s.d. 30 Juni 2021

·         Masa sanggah 1 Juli s.d. 11 Juli 2021


·         Pelaksanaan SKD CPNS (CAT BKN) Juli s.d. September 2021

·         Seleksi Kompetensi PPPK Non guru (CBT BKN) Juli s.d. September 2021 (setelah SKD CPNS selesai dimasing-masing lokasi)

·         Seleksi kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud). Tes 1 : Agustus 2021. Tes 2 : Oktober 2021. Tes 3 : Desember 2021

·         Pelaksanaan SKB CPNS September s.d. Oktober 2021

·         Pengumuman akhir masa sanggah November 2021

·         Penetapan NIP CPNS/Nomor Induk PPPK Desember 2021

 

 

 

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono mengatakan, nanti akan ada pengumuman kapan pembukaan CPNS secara resmi. “Sampai saat ini belum resmi,” pungkasnya dilansir dari kompas.com.