Lewat Akun YouTube Tebar Rahmat, UAS Bicara Soal Keutamaan Puasa Syawal

Ustad-Abdul-Somad3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Hari raya kemenangan bagi umat Islam jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Setelah sebulanan menahan lapar dan haus, juga hawa nafsu, manusia-manusia yang benar-benar memanfaatkan bulan suci ramadhan, akan kembali suci. 

 

Dosa-dosanya Allah ampuni, karena ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Setelah ramadhan, maka datanglah bulan syawal. Di bulan syawal ini, terdapat amal ibadah yang memiliki pahala dan keutamaan luar biasa, yakni ibadah sunnah puasa syawal selama enam hari. 

 

Dalam ceramahnya yang diunggah di channel youtube Tebar Rahmat,  Ustad Abdul Somad yang biasa disapa UAS ini menyampaikan keutamaan puasa syawal. Salah satunya terdapat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh HR Muslim. 

 

 

Arti dari hadits tersebut adalah Abu Ayyub al-Ansari (semoga Allah SWT ridho atasnya) melaporkan Rasulullah SAW berkata, "Dia yang berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkannya dengan enam hari puasa saat bulan Syawal akan seperti melakukan puasa terus menerus."


 

"Puasa syawal sendiri bisa dilakukan di awal bulan syawal, ditengah, atau diakhir bulan syawal," jelas UAS dari hasil pantaun RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 13 Mei 2021.

 

 

 

 

 


Lebih lanjut, UAS juga menjelaskan, jika seseorang baik itu laki-laki ataupun perempuan ingin puasa syawal, maka harus mengutamakan untuk membayar hutang puasa saat bulan ramadhan terlebih dahulu. 

 

"Setelah hutang puasanya selesai, baru dilanjutkan untuk puasa syawal," pungkasnya.