Melihat Suasana Ramadan di Lapas Perempuan Pekanbaru

ramadan-dalam-lapas.jpg
(RAHMADI/ RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Mengisi kegiatan di bulan Ramadan, ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pekanbaru jalani berbagai aktivitas seperti salat tarawih dan mengaji di balik jeruji besi.

Ada 368 napi menjalankan ibadah puasa di dalam Lapas Perempuan Pekanbaru. Kegiatan warga binaan selama ibadah Ramadan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti salat berjamaah, salat tarawih dan tadarus al-quran.

Para warga binaan tersebut mengisi waktu mereka dengan membaca al-quran di dalam kamar tahanan bersama narapidana lainnya. Untuk mengobati kerinduan mereka dengan keluarga di luar sana, sebagian narapidana mengaji sambil melihat foto keluarganya. Beberapa warga binaan terlihat mengaji bersama sambil ditemani foto seorang bayi.


Kalapas Perempuan Kelas IIA Pekanbaru, Desi Andriani mengatakan, para narapidana perempuan di sini melaksanakan ibadah puasa sama seperti yang lainnya, dari berbuka puasa, salat tarawih dan membaca al-quran.

“Tidak ada suasana yang berbeda, Ramadan di Lapas tetap sama seperti di luar, ada buka bersama, salat berjamaah dan tadarusan,” ucapnya, Kamis, 29 April 2021.

Ia menambahkan, untuk menjaga protokol kesehatan tetap berjalan di dalam lapas, warga binaan yang melakukan salat tarawih di bagi dua, yakni di musala dan di dalam sel tahanan.

“Hampir seluruh warga binaan di sini melaksanakan ibadah puasa, kecuali yang berhalangan dan non muslim,” jelasnya.