Antisipasi Lonjak Covid-19, Rumah Sakit Diminta Tambah Ruang ICU dan Isolasi

m-noerrr.jpg
(muthi)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jumlah ruang isolasi dan ruang ICU di Kota Pekanbaru bagi pasien Covid-19 saat ini terbatas. Kondisi ini membuat rumah sakit harus menambah kapasitas.

Pihak rumah sakit didorong menambah kapasitas ruangan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Mereka bisa melakukan penambahan ruang isolasi dan ruang ICU.

"Kalau jumlah kapasitas ruangan di rumah sakit minim, nanti tentu rumah sakit bisa menambah kapasitas," terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Noer, Kamis 29 April 2021.

Ia berujar, dinas hanya bisa mengingatkan rumah sakit untuk menambah kapasitas. Mereka bisa menambah kapasitas ruangan agar seluruh pasien Covid-19 bisa mendapat penanganan medis.


"Saat ini ruang isolasi dan ruang ICU bagi pasien Covid-19 masih tersedia," jelasnya.

Total ruang ICU yang tersedia di seluruh rumah sakit pemerintah dan swasta mencapai 97 ruang. Mayoritas ruang ICU sudah terisi.

Noer mengatakan, yang tersisa hanya 29 ruang ICU. Sedangkan ruang ICU yang terisi sebanyak 68.

Walau demikian, masih ada ratusan ruang isolasi khusus bagi pasien Covid-19. Ada 318 ruang isolasi masih tersedia saat ini. Total ada 914 ruang isolasi yang menyebar di seluruh rumah sakit.