Sejumlah Perumahan Berdiri di Bantaran Sungai, Dinas Kesulitan Awasi Pengembang

Banjir-Perumahan-Pesona-Harapan-Indah7.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU -Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi akui ada beberapa perumahan berdiri di sejumlah titik bantaran sungai.

Posisi bangunan juga berada di dataran rendah sehingga rawan banjir. Indra menegaskan bahwa nantinya tidak ada lagi bangunan atau perumahan di bantaran sungai.

 

"Jadi nantinya tidak ada lagi kawasan garis sempadan sungai yang dibangun perumahan," terangnya, Selasa 27 April 2021.

Indra mengakui bahwa pihaknya kesulitan mengawasi pengembang dalam menjalani rekomendasi dari dokumen banjir. Pihaknya bakal sosialisasikan rencana tata ruang wilayah atau RTRW ke masyarakat. 

 

"Pengembang mestinya meminta informasi tata ruang. Mereka mesti mengetahui peruntukan ruang yang ada dan harus meminta dokumen bebas banjir," paparnya.

 

Dirinya menjelaskan bahwa sungai dalam perkotaan lahan yang dibebaskan mencapai lima hingga sepuluh meter. Namun dengan catatan ada tanggul.


 

"Kalau tidak bertanggul mungkin lebih luas lahan yang dibebaskan, bisa 20 hingga 30 meter," ujarnya.

 

Sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus juga mengakui kelalaian pemko dalam hal perizinan. Menurutnya, Perumahan Pesona Harapan Indah di Jalan Cengkeh menjadi Ruang Terbuka Hijau dan menjadi lokasi penampungan genangan air.

 

"Lokasi perumahan ini harusnya menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) bukan untuk bikin perumahan, karena lokasi perumahan ini lebih rendah dari dataran sungai Sail," ucap sarjana teknik tersebut.

 

Firdaus juga mempertanyakan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) oleh Perumahan Pesona Harapan Indah Milik PT Mande Villa sebagai developer.

 

PT Mande Villa diduga tidak menjalankan arahan saat melakukan pembangunan di area perumahan Pesona Harapan Indah tersebut.

 

"Kami mengakui kesalahan sebagai Pemko, harusnya dalam bantaran seperti ini tidak ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB) oleh Pemko," ucap Firdaus kepada riauonline.co.id, Sabtu, 24 April 2021.

 

Ada dua lokasi perumahan yang dibangun dekat bantaran sungai. Dua lokasi tersebut yakni Perumahan Graha Fauzan Asri di jalan Kesadaran dan Perumahan Pesona Harapan Indah di jalan Cengkeh Pekanbaru.