Doni Kaget Warga India Eksodus saat Rapat di Riau, Langsung Telpon Pria Ini

Doni-Monardo5.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo kaget saat mendengar adanya Warga Negara Asing (WNA) asal India masuk ke Indonesia dalam jumlah banyak. 

 

Ia pun langsung memerintahkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito untuk mengecek informasi penting tersebut secara detail menghubungi Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Indonesia (Sekjen Kemlu RI), dan Dirjen Imigrasi.

 

"Saya baru tahu nih ada warga negara India yang bisa masuk ke negara kita, Pak Wiku, masih monitor pak," kata Doni Monardo, Kamis, 22 April 2021, saat Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 dan Mitigasi Bencana bersama Pemerintah Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, yang diikuti secara virtual oleh Juru Satgas Penangan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dan instansi atau OPD terkait. 

 

"Siap pak, masih pak," sahut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, saat mendengarkan perintah Doni Monardo. 

 

Doni Monardo pun langsung memberikan perintah untuk segera menghubungi Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Indonesia (Sekjen Kemlu RI). 

 

"Tolong hubungi Sekjen Kemenlu, informasi ini tolong didalami, apa betul, karena kita kan masih melakukan pelarangan kepada warga negara asing untuk masuk wilayah Indonesia, kecuali yang punya KITAS (kartu izin tinggal terbatas)," ujarnya


 

Ia menuturkan untuk berhati-hati dalam memberikan WNA masuk ke Indonesia, kecuali dengan persyaratan yang jelas. 

 

"Diluar itu kan gak boleh, mungkin nanti hati-hati Pak, kalau sempat ini eksodus, bah ini berarti kita membuka pintu. Sementara kan belum ada kebijakan pemerintah untuk membuka pintu bagi kedatangan orang asing, kecuali yang dipersyaratkan," tegas Doni Monardo.

 

Pihaknya langsung bertindak tegas atas temuan informasi perihal WNA asal India tersebut. "Ya baik, Pak Wiku di Jakarta tolong hubungi Dirjen Imigrasi sama Kemenlu Pak, jangan sampai nanti kita membiarkan kedatangan warga negara asing, satu sisi mudik tidak boleh tapi ada warga negara asing yang difasilitasi. Tolong diperketat, dikoordinasikan lagi Pak," pungkasnya.

 

Seperti diketahui, saat ini India tengah menghadapai tsunami Covid-19 yang tinggi, dikhawatirkan banyaknya warga India yang datang ke Indonesia bisa menyebabkan penularan virus Covid-19, dan varian baru virus Covid-19.

 

 

Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI dr Benget Saragih membocorkan adanya warga negara asing dari India banyak masuk ke Indonesia melalui Bandar Udara Internasional Soekarno - Hatta.

 

Ia mengkhawatirkan nantinya warga negara asing asal India ini bisa juga melalui pintu masuk Kota Dumai, Riau untuk tiba di Indonesia. 

 

"Pertama terkait dengan datangan Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) dari luar negeri. Kemarin sudah banyak warga negara India masuk ke Indonesia. Banyak sekali kami hari ini sudah melakukan pemantauan ketat, informasinya ada eksodus," kata dr Benget Saragih, Kamis, 22 April 2021, saat Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 dan Mitigasi Bencana di Provinsi Riau bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, di Gedung Daerah Balai Serindit.