Bolak-balik Dapat Penghargaan Menteri, Kemana Wali Kota saat Banjir Menerjang?

Banjir-Perumahan-Pesona-Harapan-Indah12.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru Firdaus selalu tampil terdepan saat menerima penghargaan bergengsi tingkat nasional. Tapi, saat warganya kesusahan, seperti permasalahan sengkarut sampah diawal tahun, hingga bencana banjir yang terjadi baru-baru ini, Walikota Pekabaru Firdaus kemana, kok malah menghilang ?

 

Terima Penghargaan Walikota Pekanbaru Tampil Paling Depan

 

Hasil penelusuran RiauOnline, Wali Kota Pekanbaru Firdaus menorehkan beberapa prestasi bergengsi tingkat nasional yang pernah dicapainya. Misalnya Kota Pekanbaru menjadi salah satu kota terinovatif di Indonesia tahun 2020.

 

Atas dasar itulah, Kota Pekanbaru mendapatkan penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian kepada Walikota Pekanbaru Firdaus, Jumat, 18 Desember 2020 malam bertempat di The Sultan Hotel and Residence.

 

Selanjutnya, Walikota Pekanbaru Firdaus juga meraih penghargaan sebagai pembina pelayanan terbaik tingkat nasional dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diserahkan langsung oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo, Selasa, 09 Maret 2021 di Jakarta.

 

Korban Banjir Mengeluh Tak Dapat Bantuan, Jeni : Cuman Dikasih Satu Perahu

 

Bencana banjir kembali menghampiri warga Pekanbaru, tepatnya di Perumahan Pesona Harapan Indah terendam air dengan ketinggian 1 - 1,5 meter, akibat hujan deras yang menguyur Kota Pekanbaru.

 

Ada sebanyak 88 kepala keluarga dan 130 rumah terendam banjir di Jalan Cengkeh, RT 01/RW 04 Kelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, Kamis, 22 April 2021.

 


Warga terdampak banjir mengeluh karena belum mendapat bantuan dari pemerintah. “Belum ada bantuan, jangankan bantuan, kami disini cuman dikasih satu perahu, susah mau angkat-angkat barang banyak yang terbengkalai,” kata Jeni, Kamis, 21 April 2021.

 

Jeni menambahkan, perumahan Pesona Harapan Indah memang sering dilanda banjir, namun baru kali ini ketinggian air mencapai kurang dari dua meter.

“Biasanya cuman sampai betis, tapi ini sudah sedada,” ucapnya

 

Akibat Banjir Genangi Jalan, Motor Warga Mogok dan Harus Putar Arah

 

Hujan deras yang melanda Kota Pekanbaru sejak, Kamis 22 April 2021 dinihari tak hanya membuat sejumlah pemukiman masyarakat terendam banjir. Kondisi ini terjadi di sejumlah wilayah kota.

 

Sejumlah jalan di Kota Pekanbaru juga terendam banjir. Satu di antaranya Jalan Lembah Raya yang berada di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sail.

 

Air sungai di sekitar jalan tersebut juga meluap karena hujan deras. Apalagi kondisi jalan yang landai menyebabkan air sungai menggenang.

 

Pantauan RiauOnline, jalan yang menjadi alternatif bagi warga digenangi banjir setinggi lutut orang dewasa. Akibat banjir, jalan pun menjadi rata dengan sungai.

 

Terlihat warga yang lewat jalan tersebut ada yang menerjang banjir demi sampai ke seberang. Namun ada saja kendaraan yang mogok di tengah banjir.

 

Warga lainnya terpaksa memutar arah karena tidak ingin basah karena banjir. Sebagian lainnya memanfaatkan banjir untuk mencuci kendaraan.

 

Sengkarut Sampah Rugikan Warga Kota Pekanbaru

 

Awal tahun baru 2021 warga Pekanbaru dihebohkan dengan gunungan sampah yang hampir penuhi sudut-sudut Kota Pekanbaru.

 

Sengkarut sampah ini bahkan membuat sebagian warga Pekanbaru dirugikan. Mulai dari pedagang bakso kuah, gerai ponsel, toko parfum, dan aktivitas warga Pekanbaru terganggu karena adanya tumpukan sampah tersebut.