Ustaz Zacky Sudah Tak Enak Badan saat Tiba di Siak, Sempat Diberikan Oksigen

Ustaz-Zacky-Mirza-pingsan2.jpg
(istimewa)

Laporan: SAHRIL RAMADANA

RIAU ONLINE, SIAK - Jatuh pingsannya Ustaz Zacky Mirza saat berceramah ternyata bukan di Pekanbaru. Ustaz Zacky Mirza jatuh saat berceramah di Masjid Al-Mukarromah, Kampung Rawang Kao Barat (RKB), Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, Riau, Minggu (18/4/2021) malam.

Kabar pingsannya Ustaz Zacky dibenarkan Sekertaris Desa (Sekdes) Rawang Kao Barat, Paiwan, kala itu juga menjadi pembawa acara dalam tausiah tadi malam tersebut.

"Beliau terjatuh pingsan saat berdiri membaca doa akhir penutup tausiah. Untung saat itu, ada Ustaz Nasir, Ketua Harian Yayasan Kita Peduli Berbagai langsung menyambut. Kalau enggak, badan Ustaz Zacky jatuhnya ke lantai," kata Paiwan, Senin 19 April 2021.

Ia mengatakan, Ustaz Zacky tausiah di Mesjid Al-Mukarromah kurang lebih selama 40 menit. Kondisi kesehatannya, memang kurang fit setiba di Kampung Rawang Kao Barat sebelum Magrib.


Salat Maghrib hingga Tarawih saja dilakukan di rumah Kepala Desa Rawang Kao Barat, Arifin.

"Beliau juga tidak turun dari mobil setiba di Kampung Rawang Kao Barat. Hanya istrinya beserta rombongan turun dari mobil. Kata kawan-kawan rombongan beliau, kondisi Ustaz kurang fit setelah tausiah dari Batam. Sebab di Batam juga Sabtu kemarin jadwalnya full. Setiba di RKB, Ustaz langsung ke rumah kepala desa untuk istirahat," katanya.

Sekitar Pukul 21.15 WIB, Ustaz Zacky tausiah di mesjid tersebut. Tampak terlihat berbeda tadi malam, kata Paiwan, ustaz kondang ini bersemangat. Tidak kelihatan kondisi kesehatan drop.

"Tahu-tahu, pas baca doa akhir, beliau lemah langsung pingsan," kata Sekdes Rawang Kao Barat.
Ustaz Zacky pun langsung dibawa ke Puskesmas Lubuk Dalam, tak jauh dari mesjid tersebut. Zacky Sempat tidak sadarkan diri di Puskesmas.

"Beliau sempat tak sadarkan diri. Pipa Oksigen sudah dimasukkan ke mulut beliau. Sekitar Pukul 23.30 WIB, beliau dibawa ke RS Efarina Pelalawan menggunakan ambulan Puskemas Lubuk Dalam," kata dia.

Paiwan mengatakan, perkembangan terakhir, kondisi kesehatan Ustaz Zacky sudah membaik. Kemungkinan Ustaz Zacky akan dibawa ke RS di Pekanbaru.

"Tadi saya dapat telepon dari kawan-kawan Yayasan Kita Peduli Berbagai yang bawa beliau tour dakwah, kondisinya sudah membaik. Tinggal nunggu persetujuan keluarga, apakah beliau mau masih dirawat di RS Efarina, atau di RS Pekanbaru," katanya.