Dua Orang Calon Penumpang Diuji Menggunakan Alat Deteksi Dini Covid-19

Test-GeNose2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Dua orang calon penumpang diuji menggunakan alat deteksi dini Covid-19 melalui hembusan nafas atau disebut GeNose di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Pekanbaru.

 

Dua orang calon penumpang diuji menggunakan alat test GeNose untuk mendeteksi Covid-19. calon penumpang tersebut mengikuti arahan dari tim medis.

 

Penggunaan alat tes GeNose dengan cara mendeteksi Covid-19 dari nafas yang dikeluarkan. Petugas medis menjelaskan, penumpang yang akan melakukan test GeNose meniupkan nafas ke dalam kantong khusus hingga kantong tersebut penuh.

 

Kemudian kantong yang berisi napas dari penumpang tersebut diuji kurang dari satu setengah menit,

 

Walikota Pekanbaru, Firdaus mengatakan, ada dua orang sampel pengujian dan hanya memakan waktu kurang dari satu setengah menit untuk mengetahui hasil pengujian.


 

"Kurang dari satu setengah menit hasilnya sudah selesai dan hasilnya negatif. Sampel dalam bentuk udara yang ditampung dalam kantong plastik, udara tersebut diuji melalui alat, kemudian hasilnya ditampilkan ke dalam komputer," ujarnya.

 

 

Firdaus menambahkan, selain unggul dalam segi waktu, alat tes GeNose juga memiliki harga yang terjangkau untuk masyarakat.

 

"Selain waktu nya cepat, harganya cukup terjangkau sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu," ujarnya.