DLHK Pekanbaru Persoalkan PLM Mandiri Pengangkut Sampah, Ini Saran Dewan

hearing-soal-sampah.jpg
(muthi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Polemik pengangkutan sampah tak kunjung usai. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Marzuki mengatakan masih banyak LPM Mandiri yang masih mengangkut sampah, sedangkan pemenang lelang pengelolaan sampah sudah didapatkan.

"Kami masih banyak mendapatkan laporan soal pemungutan dilapangan oleh operator-operator pada masa transisi kemarin. Tentu masalah ini, kami akan duduk nanti dengan operator, teman-teman camat dan lurah untuk menyelesaikan persoalan ini," katanya, kepada wartawan, Senin, 12 April 2021.

Marzuki berharap, "Karena kontrak pengangkutan sampah oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah diserahkan kepada dua operator yakni PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana, maka implementasi di lapangan supaya teman di LPM bisa melakukan penyesuain dengan keadaan ini."


Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono mengatakan, jalur mandiri ini merupakan orang membantu pemerintah saat transisi. Karena sudah ada pihak ketiga, sebaiknya DLHK disuksikan kelanjutannya.

"Mereka belum ketemu. Belum duduk bersama-sama. Maunya cari solusi yang terbaik. Jangan mereka dibuang begitu saja setelah ada pihak ketiga. Seperti apa solusinya. Cari solusi terbaik," pungkasnya.