Tradisi Ziarah Kubur, Warga Pekanbaru Ramai Datangi Pemakaman

tpu.jpg
(defri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menjelang memasuki bulan Ramadan 1442 H, tradisi ziarah dan membersihkan makam (kuburan) mulai dilakukan warga di Tempat Pemakaman Umum jembatan Sail, Kamis, 8 April 2021.

Pantauan Riauonline di lokasi Pemakaman, jelang sore sejumlah warga mulai berdatangan membersihkan makam kerabat dan keluarga mereka yang dipenuhi rerumputan.

Seorang warga, Basri dan istrinya mendatangi TPU Jembatan Sail membersihkan makam kerabatnya dengan membawa cangkul dan bekal minuman.


"Sudah lama tidak dibersihkan, mumpung mau masuk Ramadan kita bersihkan makam kerabat," ucap Basri kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis 8 April 2021.

Hal sama juga dilakukan Yono, warga Bukit Barisan. Ia pergi Ke TPU dengan membawa sebilah sabit untuk membersihkan makam orangtuanya.

"Karena Ramadan sudah dekat tak ada salahnya kita membersihkan makam orang tua, biasanya juga rutin membersihkan," ucap Yono kepada RIAUONLINE.CO.ID.

Tradisi membersihkan makam ini memang selalu terjadi setiap memasuki bulan Ramadan dan terkadang hari lebaran umat Muslim (Idul Adha dan Idul Fitri).