Soal Anggaran, BNNP Riau Back Up BNNK Kuansing Soal Pengungkapan Kasus

zona-integritas-di-BNNK-Kuansing.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau, Brigjen Pol Kenedy tidak akan tinggal diam dan menyatakan kesiapannya untuk memback up BNNK Kuansing membantu anggaran dalam mengungkap kasus narkoba di wilayah Kabupaten Kuansing.

"Walaupun BNNK Kuansing ini belum ada anggaran untuk pengungkapan kasus narkoba, kita akan back up dari BNNP. Begitu ada penangkapan kita akan back up, tidak ada yang gratis," tegas Brigjen Pol Kenedy usai membuka acara pencanangan pembangunan zona integritas di satuan kerja BNNK Kuansing, Selasa, 6 April 2021.

Menurut Kenedy, masalah pengungkapan kasus narkoba setiap BNN Kabupaten/kota memang memiliki kewenangan untuk proses penyelidikan hingga penyidikan. "Kebetulan di Kuansing untuk 2021 itu memang belum ada anggaran, karena kemarin-kemarin belum ada kasinya. Walaupun tidak ada anggaran kita dari BNNP siap mem back up," tegasnya.

Kemudian disampaikan Kenedy, untuk masalah kantor juga masih kendala saat ini. BNN Provinsi maupun Kabupaten/kota belum memiliki kantor sendiri.

"Kalau di Provinsi kita masih menumpang, kalau BNNK Kuansing ini masih menyewa. Tentu kita berharap kepada Pemda setempat untuk bisa dibangunkan kantor untuk BNNK," katanya.

Kenedy berharap Pemda setempat juga membantu tugas BNN kabupaten/kota dalam rangka pencegahan pemberantasan dan penyalagunaan peredaran gelap narkotika (P4GN). "Ini penting, kita berharap Pemda membantu tugas kami untuk P4GN ini," katanya.

Siap Menuju WBK dan WBBM

Dimana BNNK Kuansing menyatakan kesiapannya membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan BNNK Kuansing.

Sedikitnya ada tiga poin yang disampaikan Kepala BNNK Kuansing, AKBP Syofyan, SH, MH diantaranya tidak menerima gratifikasi, menjunjung tinggi kode etik dalam pelaksanaan tugas, tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme dan terakhir memberi pelayanan sesuai peraturan perundang-undangan.


Sementara Kepala BNNP Riau, Brigjen Pol Kenedy menyambut baik kesiapan BNNK Kuansing membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM. Dia berharap komitmen ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Acara pencanangan WBK dan WBBM ini juga dihadiri langsung Bupati Kuansing, Mursini, Kapolres Kuansing, PN Teluk Kuantan, pihak Kejaksanaan dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Kuansing dan undangan lainnya.