DLHK Perkirakan Pengangkutan Sampah Baru Normal di Awal April 2021

tumpukan-sampah-teratai.jpg
(Laras Olivia/Riau Online.)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Operator pengangkut sampah di Kota Pekanbaru sudah beroperasi selama hampir dua pekan. Namun ada sejumlah titik tumpukan sampah belum teratasi.

Ada dua operator pengangkut sampah di kota ini. Mereka yakni PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana Indah. Mereka mengangkut sampah di zona I dan zona II.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Raja Marzuki memprediksi pengangkutan sampah baru normal di awal April 2021. Ia menilai kedua operator masih melakukan penyesuaian di lapangan.

"Kalau melihat kondisi saat ini, ada kemungkinan proses pengangkutan sampah normal pada awal April," jelasnya, Senin 29 Maret 2021.


Marzuki tidak menampik masih ada sampah yang menumpuk di sejumlah ruas jalan. Kondisi ini karena proses pengangkutan sampah di sejumlah titik belum optimal.

Dirinya mengingatkan masyarakat agar tidak lagi menumpuk sampah di tepi jalan. Mereka bisa membuang sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) kawasannya.

"Untuk pengangkutan sampah dilakukan hingga ke rumah masyarakat, kita imbau jangan lagi buang sampah di TPS tidak resmi," tegasnya.

Marzuki menyebut untuk zona III di Kawasan Rumbai diangkut secara swakelola oleh DLHK Kota Pekanbaru. "Kalau zona III diangkut langsung DLHK," terangnya.