Ini Alasan Kenapa Bioskop di Pekanbaru Belum Kunjung Dibuka

Bioskop4.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Hingga kini bioskop di Kota Pekanbaru Belum mendapatkan izin operasional. Masih ada sejumlah pertimbangan sebelum bioskop dibuka kembali.

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyebut bahwa pihaknya masih mengkaji terhadap izin operasional bioskop.

 

Meskipun saat ini sejumlah tempat hiburan sudah beroperasi pasca penerapan perilaku hidup baru.

 

Dirinya menyebut ada banyak pertimbangan sebelum membuka kembali bioskop. Satu di antaranya mempertimbangkan minimnya sirkulasi udara.

 

"Kita pertimbangkan sirkulasi udara, selama menonton. Maka belum kita buka," ujarnya, Jumat 19 Maret 2021.

 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra mengaku bahwa Tim Satgas Covid-19 menyebut bahwa bioskop belum bisa buka hingga kini. Apalagi Gubernur Riau juga belum memberi restu.


 

"Padahal asosiasi pengusaha bioskop sudah mengajukan. Tapi belum ada izin dari gubri," ujarnya.

 

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru sudah menyepakati sejumlah poin dengan pengelola. Poin tersebut di antaranya bioskop harus menyediakan fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer.

 

Kursi antar penonton harus menjaga jarak. Ada tanda antara kursi penonton satu dengan yang lain. Pengunjung wajib memakai masker standar atau masker medis. Pengelola atau petugas nantinya harus memakai masker dan face shield.

 

Pengelola juga harus mengatur alur masuk dan keluar bioskop agar tidak ada kerumunan. Proses pembayaran atau pembelian tiket secara digital atau cash less guna mencegah kerumunan.

 

 

Untuk jadwal operasional dari pukul 11.00 WIB hingga 23.00 WIB. Mereka yang boleh berkunjung ke bioskop dari usia 12 tahun hingga 60 tahun.