Bayar Tol Tak Perlu Pakai Berhenti, Ini Penjelasan Manager Tol Permai

Bayar-Tol.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Beredar video durasi 20 detik di grup whatsapp perihal uji  coba bayar tol dengan menggunakan radio frequency (RF) card.

 

Dalam video yang beredar terlihat kendaraan mobil pribadi melaju dengan kecepatan tinggi, yang bertujuan untuk merespon seberapa cepat sistem dapat membaca data secara akurasi, sehingga pintu gerbang tol terbuka dengan sendirinya.

 

RiauOnline mencoba konfirmasi terkait video yang beredar apakah itu uji coba di Tol Pekanbaru Dumai, begitu juga apakah akan menerapkan bayar tol dengan cara tersebut.

 

Branch Manager Ruas Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) Indrayana memberikan penjelasan bahwa itu merupakan uji coba pembayaran tol menggunakan sensor di Tol Jakarta.

 

Ia menyampaikan memang kedepannya semua tol yang ada di Indonesia akan mencoba terobosan teknologi baru tersebut.

 

"Uci coba itu bukan di Tol Permai. Kita belum pakai sensor itu masih yang di Jakarta," kata Indrayana, Kamis, 18 Maret 2021, kepada RiauOnline melalui pesan singkat whatsapp


 

Menurutnya dengan adanya bantuan teknologi sensor kendaraan tidak perlu lagi berhenti disetiap gerbang tol.

 

" tujuan dan manfaatnya yang pastinya kendaraan tidak perlu berhenti lagi di setiap gerbang tol, cukup melambatkan saja laju kendaraan dan transaksi di gerbang tol akan sangat minim," ujarnya

 

 

Indrayana melanjutkan bahwa dengan cara ini dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal, dan lebih gampang/simpel kepada pengguna jalan tol.

 

"Terobosan teknologi ini yang akan segera diterapkan di Semua tol di Indonesia," pungkasnya.