Anggaran Turun Drastis hingga Pandemi, Festival Pacu Jalur 2021 Diundur

Pacu-Jalur2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SUSILO)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pelaksanaan Ivent Pacu Jalur Tradisional di Kabupaten Kuansing, Riau tampaknya akan diundur pada 2022 mendatang. Pasalnya, pelaksanaan pacu jalur yang disaksikan langsung ratusan ribu orang ini tidak akan mungkin bisa menerapkan disiplin protokol kesehatan.

"Tampaknya akan diundur karena kondisi sekarang masih dalam suasana pandemi Covid-19," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing, Indra Suandy kepada Riau Online, Rabu, 17 Maret 2021.

Soal anggaran kata Indra, tahun ini anggaran untuk pelaksanaan pacu jalur berkurang. Tahun 2020 lalu anggaran untuk pelksanaan pacu jalur itu sebesar Rp 1,8 miliar dan pada tahun 2021 anggaran hanya Rp 1,1 miliar. "Turun sekitar Rp 700 juta," katanya.

Indra mengatakan, apabila pelaksanaan pacu jalur dipaksakan dilaksanakan selain rawan kondisi Covid-19, juga anggaran untuk pelaksanaan tidak akan cukup. "Untuk hadiah saja habis Rp 950 juta, belum lagi yang lain-lain lagi," katanya.

Indra berharap, anggaran pacu jalur tahun ini apabila tidak dilaksanakan bisa dialihkan untuk kegiatan lain. "Kalau diundur pelaksanaannya, anggaran untuk pacu jalur ini kita harapkan bisa dialihkan untuk yang lain," katanya.


"Tapi nanti Tim Gugus Tugas yang akan menentukan bisa tidaknya dilaksanakan pacu jalur tahun ini. Kita sudah lakukan koordinasi dengan Asisten I Setda Provinsi dan Tim Gugus Provinsi, mereka menyarankan agar yang menentukan nanti tergantung Gugus Kabupaten," pungkasnya.