Lansia Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Sapta Taruna

Lansia-disuntik-vaksin.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Hari ini sebanyak 20 orang lanjut usia (lansia) mengikuti vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Plus Sapta Taruna, Jalan Sapta Taruna, Kecamatan Bukit Raya.

Koodirnator Vaksin Puskesmas Sapta Taruna, dr Rivi Jayanti, mengatakan, ada 20 lansia yang mengikuti vaksinasi setelah terlebih dahulu mengikuti pemeriksaan kesehatan pada hari sebelumnya.

“Kemarin ada 17 lansia ditambah tiga orang hari ini lulus screening jadi total ada 20 lansia, dilanjutkan juga untuk besok akan vakasinasi sekitar 20 hingga 30 orang lagi,” ujarnya, Senin, 8 Maret 2021.

 

Rivi, menambahkan, bagi lansia yang memiliki kelainan jantung atau ginjal harus memiliki surat rekomendasi dari dokter spesialis penyakit dalam.


 

“Tidak bisa langsung disuntik, kalau spesialisnya membolehkan maka kita lakukan vaksinasi,” terangnya.

 

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, para lansia diberi informasi mengenai efek samping pasca vaksinasi Covid-19 untuk mengurangi rasa takut bagi lansia yang akan disuntik vaksin.

 

“Sebelum disuntik nanti kita edukasikan ke mereka kalau sudah di suntik nanti akan pegal, pusing, mengantuk dan lapar,” jelasnya.

Koordinator Vaksin, menjelaskan, rata-rata para lansia sangat antusias mengikuti vaksinasi, karena dapat melindungi mereka dari penularan virus corona.