Vaksiniasi Lansia di Pekanbaru Dituntaskan Pekan Ini

Vaksinasi-massal-ASN.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Proses pemberian vaksin Covid-19 bagi masyarakat lanjut usia di Kota Pekanbaru ditargetkan tuntas dalam bulan Maret 2021 ini. Mereka menggesa vaksinasi bagi lansia dua pekan ini.

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, saat ini pasokan vaksin tersedia cukup bagi 24.493 orang. Mereka menjadi prioritas pemberian vaksin tahap II termin I.

"Kalau bisa dua pekan ini tuntaskan luar biasa. Tapi target kita bisa tuntas dalam sebulan," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Noer, Jumat 5 Maret 2021.

Lanjutnya, pemberian vaksin terhadap lansia sudah berlangsung pekan ini. Mereka bisa datang ke layanan kesehatan dengan menunjukkan KTP dan memaparkan kondisi kesehatannya.


Bagi yang tidak punya gejala penyakit bisa datang ke puskesmas terdekat.

"Mereka yang punya penyakit tertentu bisa datang ke rumah sakit yang membuka layanan vaksinasi," terangnya.

Ia bakal meminta tambahan pasokan vaksin bila memang vaksin bagi lansia belum cukup. Ia menegaskan bahwa lansia menjadi prioritas dalam pemberian vaksin.

Alokasi vaksin bagi lansia nantinya bisa beralih ke petugas layanan publik untuk sementara. Alokasi vaksin hanya bagi 2.589 orang tenaga publik pada tahap ini.