Isak Tangis Keluarga Tak Terbendung di Pusara Kopda Dedy Irawan

Praka-Dedy-Irawan2.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Keluarga besar almarhum Praka Anumerta Dedy Irawan tak kuat untuk menahan tangis melepas kepergian saat proses pemakaman secara militer berlangsung di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Taman Bahagia bersebelahan dengan Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma, Pekanbaru.

 

Pantauan RiauOnline, isak tangis keluarga tak terbendung, mulai dari orang tua, isteri, kerabat, serta warga yang menghantarkan saat prosesi pemakaman berlangsung.

 

Prosesi pemakaman dilakukan secara militer itu berlangsung begitu hening, haru, prajurit TNI, beserta rombongan dengan tetap teguh, tegap dan gagah secara hikmat melepas kepergian almarhum Kopda Anumerta Dedy Irawan.

 

Upacara pemakaman almarhum Praka Anumerta Dedy Irawan dilakukan sekitar pukul 18.00 WIB. Usai pembacaan riwayat hidup dan pelepasan, jenazah almarhum Praka Anumerta Dedy Irawan pun diturunkan perlahan ke liang lahat.

 

Prajurit TNI yang datang kompak ikut membantu prosesi pemakaman saat jenazah almarhum Kopda Anumerta Dedy Irawan dimasukan keliang lahat.

 

Secara serentak dan kompak prajurit TNI ikut melakukan penimbunan makam almarhum Praka Anumerta Dedy Irawan, bersama dengan keluarga, warga, dan pengali makam.

 


Keluarga besar dan warga, serta prajurit melakukan doa sebelum meninggalkan lokasi pemakaman. Meskipun diliputi dengan isak tangis, duka yang mendalam, keluarga, warga, dan prajurit yang datang secara pelan-pelan meninggalkan pemakaman almarhum Kopda Anumerta Dedy Irawan.

 

Syech Ismed : Prajurit TNI Terbaik Gugur, Kopda Anumerta Dedy Irawan

 

Prajurit TNI Praka Dedy Irawan yang gugur dalam kontak senjata di Pegunungan Andole, Desa Tambarana, Poso, Sulawesi Tengah tergabung dalam Satuan Tugas Madago Raya.

 

Praka Dedy meninggal dunia usai kontak senjata dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur di Pegunungan Andole.

 

Jenazah Praka Dedy dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Taman Bahagia bersebelahan dengan Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma, Pekanbaru.

 

Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigjend TNI M Syech Ismed mengatakan, turut berduka cita atas gugurnya prajurit terbaik.

 

Atas jasanya, Praka Dedy Irawan pangkatnya dinaikkan satu tingkat menjadi Kopda Anumerta Dedy Irawan.

 

“Kita turut berduka cita yang sangat mendalam atas gugurnya prajurit terbaik kita almarhum Kopda Anumerta Dedy Irawan. Kita berdoa semoga alhmarhum diterima di sisi Allah dan ditempatkan di tempat yang sebaiknya. Untuk keluarga yang ditinggalkan semoga diberi kesabaran dan ikhlas menerima cobaan ini,” ucap Danrem 031, Selasa, 2 Maret 2021.

 

Pemakaman secara militer dilakukan kepada almarhum Kopda Anumerta Dedy Irawan sekitar pukul 18.00 WIB. Turut dihadiri keluarga dan kerabat Dedy Irawan.

 

 

Dalam peristiwa yang merenggut nyawa Kopda Anumerta Dedy Irawan itu, dua orang terduga teroris turut tewas bernama Haerul alias Irul dan Samid alias Alvin.